Kamis 02 Jul 2015 15:50 WIB

Bintang

Red:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bintang merupakan benda langit yang posisinya berada di luar angkasa atau di luar bumi. Secara umum, sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri. Namun, tidak semua bintang memiliki cahaya sendiri sehingga ada yang dinamakan bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan atau mempunyai cahaya sendiri. Sedangkan, bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri.

Menurut ilmu astronomi (ilmu yang mempelajari benda langit) bintang adalah semua benda bermuatan massa 0,08 sampai 200 massa matahari. Bintang terdekat jaraknya dengan Bumi kita adalah bintang Matahari yang jaraknya sekita 149 juta kilometer. Lalu, diikuti oleh proxima centauri dalam rasi bintang centaurus yang jaraknya hanya sekitar empat tahun kecepatan cahaya.

Bintang nyata seperti matahari ada di galaksi yang diberi nama andromeda atau bimasakti. Di galaksi itu matahari dikelilingi oleh planet-planet atau bintang semu yang ada disekitarnya, seperti Merkurius, Venus, Mars, Bumi, Uranus, dan Sartunus.

Menjelang kematian cahayanya sebuah bintang bisa meledak. Ledakan bintang tersebut dinamakan nova yang berarti baru karena diupamakan telah lahir sebuah bintang baru. Kalau bintang yang berukuran besar akan mengasilkan ledakan yang besar. Ledakan itu bisa menghancurkan seluruh pelanet di sekitarnya. Ledakan bintang juga disebut supernova.  c94 ed: Andi Nur Aminah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement