Kamis 02 Jul 2015 07:37 WIB

UII Gandeng Tiga Lembaga untuk Program Magang

Rep: heri purwata/ Red: Taufik Rachman
Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.
Foto: uii.ac.id
Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA – Program Studi D3 Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) menjalin kerjasama dengan tiga institusi yaitu PT Mega Andalan Kalasan (MAK), BRI Syariah, dan BNI Syariah.  Kerja sama  dimaksudkan sebagai tempat magang bagi mahasiswa D3 Ekonomi UII yang akan segera lulus.

“Program magang ini diharapkan mahasiswa sudah familiar dengan pekerjaan di mana mereka magang. Sehingga kalau nanti, perusahaan atau perbankan membutuhkan tenaga kerja harapannya alumni D3 Ekonomi UII bisa mengisi lowongan pekerjaan itu,” kata Ketua Program D3 Ekonomi UII, Nurfauziah, kepada Republika di Yogyakarta, Rabu (1/7) sore.

Lebih lanjut Nurfauziah mengatakan pihaknya terus meningkatkan  kerja sama dengan perusahaan dan perbankan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

Hal ini untuk mendukung program studi yang dimiliki D3 Ekonomi UII yaitu keuangan perbankan, manajemen dan akutansi. “Sehingga kami tidak hanya menjalin kerjasama dengan perbankan, tetapi juga dengan perusahaan,” kata Nurfauziah.

Magang, kata Nurfauziah, wajib bagi mahasiswa semester lima dan sudah menjelang lulus. Mereka magang selama tiga bulan di perusahaan atau perbankan yang telah menjalin kerjasama dengan D3 Ekonomi UII. Setelah magang, mahasiswa diwajibkan untuk membuat laporan tugas akhir dari hasil magang.

Laporan magang, lanjut Nurfauziah, akan digunakan sebagai bahan ujian akhir. “Ini untuk mengetahui apakah mahasiswa tersebut sudah kompetensi atau belum dalam menjalankan tugas sesuai dengan program studinya. Nilai itu berasal dari perusahaan atau perbankan tempat magang dan dosen,” katanya.

Saat ini, D3 Ekonomi UII telah menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan dan perbankan. Di antaranya, PT Mega Andalan Kalasan (MAK), BRI Syariah, dan BNI Syariah, BTN, BTN Syariah, Bukopin Syariah, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri.

“Ke depan akan kita jalin dengan perusahaan dan alhamdulillah alumni D3 Ekonomi UII  sudah banyak yang baru lulus langsung diterima di tempat mereka magang,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement