Selasa 30 Jun 2015 06:44 WIB

Dari Ikan Sampai Cokelat, Ampuh Halau Hipertensi

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Dark chocolate yang minimal mengandung 60 persen cokelat bisa membantu mengurangi tekanan darah.
Foto: Reuters
Dark chocolate yang minimal mengandung 60 persen cokelat bisa membantu mengurangi tekanan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, Selain bit, yogurt, dan sup gazpacho, makanan apa lagi yang mampu menurunkan tekanan darah? Simak terus artikel yang dilansir dari laman WebMD, Selasa (30/6).

Rempah-rempah

Periksalah dapur Anda atau rempah-rempah yang ada di lorong pasar untuk menemukan rasa yang bisa menggelitik lidah Anda tanpa menambahkan garam. Cobalah rempah yang memiliki rasa yang kuat seperti basil, bubuk bawang putih, cumin, bubuk kari, jahe, paprika, dan rosemary. Tingkatkan hasil olahraga Anda dengan kayu manis. Rempah jenis ini dapat membantu menjaga tekanan darah Anda tetap terkontrol.

Dark chocolate

Jadikan dark chocolate sebagai camilan pilihan Anda. Pilih satu batang yang mengandung 60 persen cokelat dan batasi diri Anda hanya satu ons sehari. Itu cukup untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Cokelat ini memiliki dua tipe flavonoids  (tipe lain antioksidan) sama seperti susu cokelat. “Ini adalah pilihan yang paling baik,” ujar Christine Rosenbloom, PhD, Profesor Emerita di Georgia State University.

 

Resepnya mudah saja, campurkan dan aduk bubuk cokelat tanpa gula ke dalam oatmeal pada saat sarapan.

Ikan

Anda senang ke supermarket? Tapi Anda menghabiskan waktu lebih lama di konter seafood karena bingung mau milih yang mana. Salmon, makarel, ikan herring, trout danau, sarden dan albacore tuna  merupakan makanan yang memiliki dua lemak omega-3 ikan. Makanan tersebut bisa mengurangi peradangan, yang membuat Anda menurunkan tekanan darah dan pembuluh darah.

“Karena itu, makanlah ikan-ikan tersebut paling tidak dua sampai tiga kali seminggu,” ujar Alissa Rumsey, RD seorang pelatih kekuatan dan pendinginan yang bersertifikat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement