Senin 29 Jun 2015 10:01 WIB

Raih Berat Badan Ideal dengan Diet 80/20

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
Menurunkan berat badan tidak semata mengurangi asupan makanan, ada faktor lain yang memengaruhi keberhasilan diet.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menurunkan berat badan tidak semata mengurangi asupan makanan, ada faktor lain yang memengaruhi keberhasilan diet.

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu kunci sukses menjalankan diet adalah harus mempunyai prinsip. Prinsip diet 80/20 pun digulirkan sebagai perubahan gaya hidup yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang berkelanjutan.

Orang-orang yang telah menderita, membatasi pola makan di masa lalu, menemukan bahwa aturan baru ini mengajarkan mereka tentang keseimbangan dan moderasi, sebuah konsep yang tidak pernah ada di dalam aturan diet. Ketika Anda berlatih 80/20, Anda memiliki ruang untuk pergi keluar secara sosial dan menikmati makan-makanan yang enak tentunya dengan teman-teman. Akan tetapi yang paling penting, itu membuat seluruh hal menjadi plong. Seakan tak ada beban, membuat kita optimis akan hidup dalam jangka panjang.

Seperti yang dilansir dalam Woman Running, Senin (29/6), rinciannya adalah sederhana. Sebanyak 80 persen dari waktu Anda fokuskan pada makanan yang baik dan bersih untuk dimakan dan 20 persen dari waktu yang dimiliki dijadikanlah waktu bebas untuk memanjakan diri sesukamu.

Jangan khawatir tentang matematikanya, sederhana saja. Jika biasanya Anda makan “enak” tiga kali dalam sehari, Anda buat makan tiga kali itu dalam seminggu untuk memakan makanan yang dianggap enak dan lezat sehingga terhitung 20 persen.

Jika Anda khawatir tentang melonggarkan kendali, lihatlah ke Hollywood untuk kisah sukses diet 80/20. Ketika kita melihat pelatih Jessica Alba yaitu Yumi Lee, Yumi mengharuskan 80/20 untuk mempertahankan berat badan idealnya. Dia menjelaskan, "Anda tidak bisa 100 persen (konsisten) sepanjang waktu, tetapi Anda bisa setidaknya 80 persen sepanjang waktu."  

Dia merekomendasikan hal kecil ini, sering makan sepanjang hari, bertujuan untuk membuat pilihan yang sehat 80 persen dari waktu kita.

Supermodel Miranda Kerr juga menjelaskan bagaimana pola 80/20 telah melakukan keajaiban bagi hubungannya dengan makanan. Tanpa rasa bersalah atau kondisi dimana ia ditempatkan pada pilihan makanan.

"Makanan adalah teman saya, dan konsistensi adalah kuncinya. Saya percaya bahwa segala sesuatu yang dimoderasi adalah yang terbaik," kata Miranda. Sehingga pola 80/20 ini memang dapat mensukseskan diet Anda apabila diterapkan dengan sungguh-sungguh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement