Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

 

Ini Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

Senin 22 Jun 2015 03:23 WIB

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri

Ramadhan

Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puasa selama bulan Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam yang semua Muslim harus taati. Bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus, manfaat bulan suci ini begitu besar. Bulan untuk melatih pikiran dan perilaku yang baik .

Ramadhan yang hanya jatuh setahun sekali memiliki banyak kelebihan. Kelebihan ini menjadi ciri yang khas dari bulan suci penuh berkah ini. Seorang guru besar Alquran dan Sunnah Universitas Islam Internasional Malaysia Israr Ahmad Khan menyebutkan keistimewaan bulan Ramadhan.

Seperti dilansir dari The Star, Ahad (21/6) berikut keistimewaan yang harus Anda ketahui:

Bulan Solidaritas
Israr menjelaskan bahwa Quran adalah garis kehidupan yang paling tepat bagi manusia. Kitab suci Muslim ini menyebutkan puasa menjadi cara mengerti pikiran orang lain. Ramadhan adalah waktu bagi kita untuk berhubungan dengan umat manusia. Ini sebagai bentuk upaya untuk menjembatani kesenjangan. Tak hanya kepada Muslim tapi juga pemeluk agama lain. "Quran mengajarkan kita untuk tidak menjadi egois. Bantuan harus diperluas tidak hanya Muslim tapi non-Muslim juga," katanya.

Wahyu kitab suci
Ramadhan adalah waktu di mana empat kitab suci yang disebutkan dalam Alquran diturunkan, termasuk Zabur, Taurat dan Injil. Bulan suci ini memiliki waktu yang istimewa dalam rencana Allah. Maka harus dipertimbangkan dan dinyatakan bahwa Ramadhan sebagai bulan turunya wahyu-wahyu Allah. "Itulah sebabnya hadits mengatakan bahwa puasa tidak hanya menunjukkan berpantang dari makanan, air atau seks tetapi melakukan amal-amal atas saran dari Quran," ujarnya.

Bulan kerendahan hati dan mengusir kebodohan
Menurut Israr, banyak orang tidak mengakui kesombongan mereka. Sebagai contoh, arogansi dapat tercermin ketika seseorang memiliki rasa lebih kaya daripada yang lain. Ramadan berfungsi sebagai waktu yang baik bagi seseorang untuk belajar merasa rendah hati dan mengingatkan diri kita.  Allah telah membantu untuk mencapai hal-hal yang kita miliki dalam hidup.

Menjadi orang yang ideal
Ramadhan dapat digunakan untuk melatih diri untuk menjadi orang yang ideal seperti yang dijelaskan oleh Alquran. Hal ini dapat mencakup berpartisipasi dalam program Ramadhan bahkan jika salah satu tidak dapat berpuasa maka mereka memiliki konsekuensi seperti membayar fidyah, memberi makan orang miskin dan belajar untuk tidak menanggapi dengan marah kepada anggota keluarga Anda.

Manfaat kesehatan ramadan
Banyak yang telah menyatakan kalau puasa dapat membantu meningkatkan kesehatan seseorang. Israr mengatakan depresi dan masalah kesehatan lainnya dapat disebabkan oleh perasaan sakit. Sementara di bulan Ramadhan kita berusaha untuk mengontrol perasaan ini dan dapat membantu dalam membersihkan hati seseorang. Dia menambahkan bahwa pemurnian pikiran dan hati dapat menyebabkan pemurnian perilaku sehingga berdampak pada kesehatan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES