Dubes Inggris: Puasa di Indonesia Enak Sekali

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Erik Purnama Putra

Jumat 19 Jun 2015 17:23 WIB

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, untuk pertama kalinya menjalani ibadah puasa Ramadhan di Indonesia. Meski Ramadhan baru memasuki hari kedua, Moazzam sudah merasakan nikmatnya berpuasa di Indonesia.

"Enak sekali, suasana yang bagus sekali karena mayoritas orang Indonesia beragama Islam dan bisa mendengar azan langsung dari masjid-masjid di sini," kata Moazzam, dalam bahasa Indonesia yang lancar.

Saat ditemui media, ia baru selesai melaksanakan shalat Jumat bersama Presiden Jokowi di Masjid Baitur Rahim di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (19/6).

Suasana Ramadhan di Indonesia, lanjut Moazzam, juga sangat terasa karena sebagian besar orang berpuasa. Pria keturunan Pakistan itu menuturkan ibadahnya jadi terasa mudah karena waktu berpuasa di Indonesia singkat. Tak seperti di Inggris yang bisa mencapai 19 jam.

"Di Inggris hampir 19 jam, panjang, mungkin sedikit sulit," kata diplomat keturunan Pakistan itu.

Sebelum di Indonesia, Moazzam mengaku sudah pernah beberapa kali mengunjungi negara-negara Muslim lainnya. Namun, Moazzam mengaku terkesan dan nyaman hidup berdampingan dengan Muslim di Indonesia.

 

Play Podcast X