Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Pemimpin Alqaidah Yaman Dilaporkan Tewas

Selasa 16 Jun 2015 08:42 WIB

Rep: Gita Amanda / Lida Puspaningyas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Al Qaeda Yaman (Ilustrasi)

Al Qaeda Yaman (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SANAA -- Laporan dari Yaman menyebut bahwa pemimpin Alqaidah di Semenanjung Arab (AQAP), Nasser al-Wuhayshi, telah tewas dalam serangan pesawat tanpa awak Amerika Serikat. Al-Wuhayshi tewas dalam serangan di provinsi Hadramaut Jumat (12/6) lalu.

BBC News melaporkan Selasa (16/6), kelompok intelijen mengatakan kabar yang beredar di kalangan jaringan jihad Yaman sebelumnya pada hari Senin berbicara tentang kematian al-Wuhayshi. Jika dikonfirmasi, ini akan menjadi serangan terbesar pada Alqaidah sejak kematian Bin Laden di Pakistan pada tahun 2011.

Seorang reporter Yemen Times Amal al-Yarisi, mengatakan dari sumber yang dekat dengan Alqaidah telah mengkonfirmasi kematian al-Wuhayshi.

Sementara, kantor berita Al Masdar Online mengutip dua pejabat keamanan Yaman yang mengatakan Al Wuhayshi tewas pada Jumat dalam serangan di wilayah Hadhramaut, Yaman. Pentagon belum mengonfirmasi laporan tersebut.

Al-Wuhayshi disebut bertanggung jawab untuk menyetujui target, merekrut anggota baru, mengalokasikan sumber daya untuk pelatihan dan perencanaan serangan, serta menugaskan orang lain untuk melakukan serangan. Ia menjadi kepala AQAP ketika Alqaidah cabang Yaman dan Arab Saudi bergabung pada tahun 2009.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA