Ahad 14 Jun 2015 16:52 WIB

DPD: Bibir Pantai Makin Tergerus Abrasi

Rep: C72/ Red: Angga Indrawan
Abrasi
Foto: Antara
Abrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) berharap pemerintah lebih fokus memperhatikan kondisi lingkungan di daerah, termasuk di wilayah bibir pantai. Saat ini tingkat abrasi di bibir pantai kian memprihatinkan.

Anggota Komite I DPD RI Intsiawati Ayus mengatakan, saat ini dirinya tengah melakukan inisiatif untuk melakukan pembahasan tentang kondisi di bibir pantai.

"Program pembenahan juga harus segera dilakukan," ucapnya dalam Forum Senator untuk Rakyat (FSuR) dengan tema "Janji Nawacita: Membangun dari Pinggir atau Sangkut di Bibir" di Cikini, Jakarta Pusat pada Ahad (14/6).

Bibir pantai di provinsi Riau, contohnya, kata dia, adalah salah satu bibir pantai yang kondisinya cukup memprihatinkan. Ia mengatakan, bibir pantai di Riau telah tergerus sekitar 30 hingga 40 meter yang disebabkan oleh abrasi.

Oleh karena itu, senator asal Riau itu berharap agar pemerintah lebih meningkatkan perhatian terhadap kondisi bibir pantai. "Reklamasi di Indonesia luar biasa masif. Di satu sisi, bibir pantai kian tergerus," ujar dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement