Sabtu, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 Februari 2020

Sabtu, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 Februari 2020

 

Bagaimana Cara Menyambut Bulan Ramadhan? (2)

Ahad 14 Jun 2015 07:37 WIB

Red: Ani Nursalikah

Ucapan selamat berpuasa Ramadhan

Ucapan selamat berpuasa Ramadhan

Foto: blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan segera tiba.  Di bulan suci ini, pintu maaf dibuka selebar-lebarnya. Kita sebagai umat Muslim harus bisa memanfaatkannya.

Ada lima hal yang setidaknya bisa kita lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan, seperti dilansir laman On Islam.

Cara menyambut bulan Ramadhan (1)

3. Perencanaan dan keteguhan
Kita juga harus membuat perencanaan yang baik selama bulan Ramadhan untuk mengatur aktivitas pada siang dan malam hari. Kalau bisa, buatlah jadwal rutin selain shalat lima waktu seperti membaca Alquran.  

Niat serta tekad untuk menjalani bulan Ramadhan tak kalah pentingnya. Kita harus punya komitmen bahwa tidak akan melakukan dosa atau sesuatu yang salah seperti selama ini.  Bertaubat kemudian meminta maaf kepada orang-orang yang mungkin telah tersinggung dengan perbuatan atau perkataan kita.

4. Pelajari aturan puasa
Sangat penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang bisa merusak atau membatalkan puasa. Pelajari cara Nabi Muhammad dalam berpuasa. Puasa bukan sekadar menahan makan dan minum, tapi juga tidak berbicara buruk dan melakukan perbuatan dosa.

Nabi Muhammad bersabda:
“Barangsiapa tidak meninggalkan ucapan dusta dan perbuatan dusta, niscaya Allah tidak memerlukan usaha dirinya dalam meninggalkan makanan dan minumannya (shaum).” (HR. Bukhari no. 1903)

5. Jadilah dermawan
Bulan Ramadhan adalah bulan penuh kebaikan. Berusahalah untuk lebih bermurah hati dengan membantu orang-orang yang membutuhkan. Bersedekah dan beramal membantu orang lain sebisa kita.

"Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah manusia yang paling dermawan, dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi saat Ramadhan apalagi ketika Jibril menemuinya. Dan, Jibril menemuinya setiap malam bulan Ramadhan dia bertadarus Al Quran bersamanya. Maka, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam benar-benar sangat dermawan dengan kebaikan melebihi angin yang berhembus." (HR. Bukhari No. 3220)


  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA