Jumat 12 Jun 2015 06:00 WIB

Ini Manfaat Air Kelapa Asli untuk Kesehatan

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Air kelapa/ilustrasi
Foto: eneeclerkin.com
Air kelapa/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAGIRI HILIR -- PT Kalbe Farma Tbk melakukan edukasi tentang pentingnya hidup sehat melalui konsumsi air kelapa asli sebagai minuman kesehatan melalui produknya, yaitu Hydro Coco.

Deputy Director in Charge Consumer Health Division 2 PT Kalbe Farma Tbk Yusuf Hady mengatakan, air kelapa adalah isotonik alami yang memiliki banyak keuntungan, seperti rendah karbohidrat dan mengandung gula alami. Air kelapa juga banyak mengandung lauric acid, seperti yang dikandung dalam air susu ibu.

“Air kelapa juga tidak mengandung kolestrol dan rendah kalori dibandingkan dengan minuman lainnya. Selain itu, minuman ini juga mengandung kalium, natrium, serat hingga menetralkan keracunan,” katanya saat pemaparan proses produksi Hydro Coco dengan wartawan di Pulau Sambu Guntung, Kabupaten Indragiri Hilir, Kepulauan Riau, Kamis (11/6).

Sementara itu, Group Brand Manager RTD Beverage Division PT Kalbe Farma Tbk Arwin N Hutasoit mengatakan, Hydro Coco aman dikonsumsi karena telah lulus uji klinis yang dilakukan lembaga riset independen yang standarnya sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk ini juga telah memperoleh izin dari BPOM.

Sebab, kata dia, BPOM tidak mungkin mengeluarkan izin edar produk kalau belum memperoleh sertifikat lulus uji klinis.

 “Rasa Hydro Coco juga 95 persen sama dengan air kelapa asli. Karena selama proses produksinya kami hanya mensterilkannya supaya kumannya mati,” katanya.

Hanya saja, kata dia, Hydro Coco ditambah dengan gula alami supaya ada sedikit rasa.  Sementara itu Head of Marketing and Sales RTD PT Kalbe Farma Tbk Ronald Unadi menambahkan, Hydro Coco adalah pionir minuman air kelapa dalam kemasan. Pihaknya hanya menggunakan sumber bahan baku kelapa asli dari perkebunan kelapa di Kepulauan Riau. Minuman ini dirancang tahan selama setahun tanpa mengubah rasa dan warna. 

“Hydro Coco juga telah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI),” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement