Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Mendikbud Minta Siswa Berlibur dengan Kunjungi Museum

Kamis 11 Jun 2015 15:52 WIB

Red: Ani Nursalikah

Pelajar mengamati berbagai jenis batu yang dipajang pada Pameran Batu Merentang Jaman, di Museum Ranggawarsita Semarang, Jateng, Rabu (20/5).

Pelajar mengamati berbagai jenis batu yang dipajang pada Pameran Batu Merentang Jaman, di Museum Ranggawarsita Semarang, Jateng, Rabu (20/5).

Foto: Antara/R. Rekotomo

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meminta para siswa mengisi masa liburan sekolah dengan melakukan kunjungan ke berbagai museum sebagai sarana wisata dan sekaligus belajar.

"Ini sudah masa-masa liburan sekolah, saya minta sekolah mendorong para siswa untuk memanfaatkan liburan sekolah dengan datang ke museum-museum," katanya di Magelang, Kamis (11/6).

Anies mengatakan hal itu saat mengunjungi Museum Diponegoro di kompleks gedung eks-Keresidenan Kedu di Kota Magelang. Di tempat itu Pangeran Diponegoro melakukan perundingan dengan Jenderal De Kock pada 1830 yang akhirnya Pahlawan Nasional tersebut ditangkap dengan cara licik, setelah melakukan Perang Jawa (1825-1830).

Ia menjelaskan museum adalah tempat di mana waktu dikonversi menjadi ruang yang membawa anak-anak mempelajari tentang masa lalu kehidupan, termasuk perjalanan bangsa.

"Anak-anak yang datang ke museum akan datang, memasuki mesin waktu," katanya dalam rangkaian kunjungan utamanya ke SMP Negeri 1 Kota Magelang dengan didampingi Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito itu.

Ia mengatakan pentingnya para siswa mengunjungi museum yang menyimpan kisah dan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, seperti halnya Museum Pangeran Diponegoro itu.

Anies menyaksikan berbagai koleksi museum tersebut, antara lain kursi tempat Pangeran Diponerogo berunding dengan Jenderal De Kock, termasuk bukti kemarahan Diponegoro berupa guratan kuku di kursi yang ditutup dengan kain putih dan disimpan di lemari kaca.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA