Kamis 11 Jun 2015 15:52 WIB

Mendikbud Minta Siswa Berlibur dengan Kunjungi Museum

Pelajar mengamati berbagai jenis batu yang dipajang pada Pameran Batu Merentang Jaman, di Museum Ranggawarsita Semarang, Jateng, Rabu (20/5).
Foto: Antara/R. Rekotomo
Pelajar mengamati berbagai jenis batu yang dipajang pada Pameran Batu Merentang Jaman, di Museum Ranggawarsita Semarang, Jateng, Rabu (20/5).

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meminta para siswa mengisi masa liburan sekolah dengan melakukan kunjungan ke berbagai museum sebagai sarana wisata dan sekaligus belajar.

"Ini sudah masa-masa liburan sekolah, saya minta sekolah mendorong para siswa untuk memanfaatkan liburan sekolah dengan datang ke museum-museum," katanya di Magelang, Kamis (11/6).

Anies mengatakan hal itu saat mengunjungi Museum Diponegoro di kompleks gedung eks-Keresidenan Kedu di Kota Magelang. Di tempat itu Pangeran Diponegoro melakukan perundingan dengan Jenderal De Kock pada 1830 yang akhirnya Pahlawan Nasional tersebut ditangkap dengan cara licik, setelah melakukan Perang Jawa (1825-1830).

Ia menjelaskan museum adalah tempat di mana waktu dikonversi menjadi ruang yang membawa anak-anak mempelajari tentang masa lalu kehidupan, termasuk perjalanan bangsa.

"Anak-anak yang datang ke museum akan datang, memasuki mesin waktu," katanya dalam rangkaian kunjungan utamanya ke SMP Negeri 1 Kota Magelang dengan didampingi Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito itu.

Ia mengatakan pentingnya para siswa mengunjungi museum yang menyimpan kisah dan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, seperti halnya Museum Pangeran Diponegoro itu.

Anies menyaksikan berbagai koleksi museum tersebut, antara lain kursi tempat Pangeran Diponerogo berunding dengan Jenderal De Kock, termasuk bukti kemarahan Diponegoro berupa guratan kuku di kursi yang ditutup dengan kain putih dan disimpan di lemari kaca.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement