Selasa 09 Jun 2015 12:51 WIB
SEA Games 2015

Kano-Kayak Tambah Dua Emas Sebelum Pulang

SEA Games 2015 di Singapura.
SEA Games 2015 di Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA-- Tim perahu kano dan kayak Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) menambah perolehan koleksi dua medali emas pada perlombaan hari terakhir yang digelar di Teluk Marina Singapura, Selasa (9/6).

Medali emas masing-masing diraih Spens Stuber Mehue pada nomor C1 putra 200 meter dan pasangan Gandie-Harjito pada nomor K2 putra 200 meter.

Selain dua emas, atlet putri andalan Merah-Putih Erni Sokoy juga menambah perolehan medali perak pada nomor K1 putri 200 meter.

Pada nomor K4 putra 200 meter, K1 putra 200 meter, C1 putra 200 meter, dan K4 putri 200 meter, atlet-atlet Indonesia menyabet medali perunggu.

Manajer Tim Perahu Kano dan Kayak PODSI Hari Sidarta setelah perlombaan di Singapura mengatakan Spens memang menjadi harapan tim Indonesia untuk menyabet medali emas meskipun nomor K4 putra yang diharapkan ikut menyabet medali emas tidak mampu memenuhi target.

"Tapi, wakil nomor K2 yang target perak justru mampu menampilkan kejutan dengan medali emas," kata Hari.

Hari mengakui tim kano dan kayak tidak mampu memenuhi target dengan empat medali emas dalam perlombaan SEA Games 2015.

"Kami sudah memperhitungkan tuan rumah akan unggul. Tapi mereka jauh di atas perkiraan kami. Mungkin mereka dapat dukungan yang bagus dari pemerintahnya. Peralatan untuk kami dari pemerintah datang terlambat. Saya kira perhatian pemerintah terhadap cabang dayung perlu ditingkatkan," kata Hari.

Sementara, kepala pelatih tim kano dan kayak Indonesia Muhammad Suryadi mengatakan strategi tim untuk meraih emas dengan menetapkan target pada nomor-nomor tertentu berubah saat perlombaan SEA Games 2015.

"Terutama pada sektor putri yang banyak meleset. Kami harus perbaiki itu," kata Suryadi.

Pelatih asing tim kano dan kayak Indonesia Novak Ferenc mengapresiasi hasil yang telah dicapai atlet-atlet asuhannya dalam SEA Games ke-28 itu.

"Saya harap para atlet dapat mencapai hasil lebih baik lagi pada kejuaraan berikutnya. Menang atau kalah pertandingan telah usai. Kami harus fokus pada kejuaraan berikutnya," kata Novak.

Pada perlombaan cabang perahu kano dan kayak SEA Games 2015, Indonesia menempati peringkat ketiga dengan tiga medali emas, empat medali perak, dan enam medali perunggu.

Singapura menempati peringkat pertama pada cabang itu dengan tujuh emas dan lima perak. Kemudian, Thailand meraih posisi kedua dengan empat emas, enam perak, dan satu perunggu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement