Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Liga Champions

Jelang Final Liga Champions, Skandal Pajak Neymar Diungkit

Sabtu 06 Jun 2015 16:55 WIB

Rep: C33/ Red: M Akbar

neymar

neymar

Foto: Reuters / John Sibley Livepic

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO - Bintang Barcelona Neymar akan bersiap menyambut final Liga Champions pertamanya menghadapi Juventus pada Ahad (7/6) dini hari. Tapi ia dilaporkan sedang diselidiki pejabat pajak Brasil.

Pihak penyidik pajak Brasil belum memberikan keterangan lebih jauh tentang kasus ini seperti dikabarkan majalah Brazil, Epoca. Sangkaan yang akan dikenakan kepada Neymar pun belum dijelaskan lebih jauh. Tapi Ecopa menyakini dalam beberapa minggu ke depan, kasus tersebut akan rampung untuk dimajukan ke pengadilan.

Majalah itu mengklaim investigasi sudah dilakukan selama setahun. Fokus penyelidikan yaitu terhadap sebuah perusahaan yang bekerjasama dengan orangtua Neymar. Pihak pajak berwenang telah menyebutkan ada aliran dana tidak masuk akal sebesar 38 juta dolar AS.

Laporan keuangan tidak masuk akal itu dikabarkan muncul atas transfer Neymar dari Santos ke Barcelona pada 2013. Klub raksasa Brazil itu menginginkan kompensasi setelah mengklaim mereka ditipu dari sejumlah besar uang selama penjualan kapten timnas Brasil itu.

Perlu diketahui, tidak hanya Neymar yang pernah tersangkut kasus pajak. Bintang Barca lainnya, Lionel Messi pernah menghadapi kasus serupa yang sebenarnya bisa berujung ke jeruji besi. Sayangnya Messi bisa dengan mudah lepas dari tuduhan atas dukungan menteri keuangan Spanyol,  Alberto Garzon.

Sebelumnya, nama Neymar memang pernah disebut-sebut dalam investigasi pajak. Pasalnya presiden Barcelona saat ini Josep Bartomeu dan pendahulunya, Sandro Rosell diduga terlibat dalam kasus tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA