Sabtu 06 Jun 2015 06:40 WIB

Berenang Setelah Makan Ternyata Mengandung Risiko

Rep: MG ROL 40/ Red: Hazliansyah
Berenang
Foto: Antara/Zabur Karuru
Berenang

REPUBLIKA.CO.ID, -- Tahukah Anda bila ternyata berenang sehabis makan itu berbahaya? Bukan hanya dapat membuat makanan yang Anda konsumsi kembali keluar, bahkan juga risiko tenggelam. 

Dilansir dari Medical News Today, Sabtu (6/6), para peneliti dari Tokyo Women's Medical University melakukan penelitian untuk membuktikan adanya hubungan antara asupan makanan dengan risiko tenggelam ketika berenang.

Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data tentang 536 otopsi yang terjadi antara bulan April 2000 sampai dengan Desember 2007. 

Laporan tersebut kemudian dievaluasi dari hasil otopsi, berkas perkara, laporan kecelakaan, serta laporan yang dibuat oleh polisi untuk menentukan bagaimana para korban bisa meninggal.

Dari hasil penelitian, ditemukan fakta bahwa 79,4 persen mereka yang meninggal karena tenggelam memiliki isi perut yang dapat terlihat, atau dalam kata lain makanan yang mereka makan sebelumnya tidak tercerna dengan baik oleh perut.

Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Ketika seseorang berenang dalam kondisi perut kenyang, hal ini dapat memicu aliran darah terfokus ke usus selama proses tubuh mencerna makanan.

Hal tersebut membuat otak jadi kekurangan darah sehingga seseorang bisa saja kehilangan kesadarannya. Bahkan risiko terburuk berenang dengan perut kenyang bisa mengancam keselamatan anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement