Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Jokowi: Tidak ada Kompromi untuk Perusak Lingkungan

Jumat 05 Jun 2015 15:26 WIB

Red: Ani Nursalikah

Illegal Logging. Ilustrasi

Illegal Logging. Ilustrasi

Foto: barometer.wwf.org.uk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menegaskan tidak ada kompromi dan memerintahkan langkah yang tegas dalam penegakan hukum bagi pelaku perusakan lingkungan.

"Saya hanya ingin menegaskan kembali tidak ada kompromi untuk illegal fishing (pencuri ikan), illegal mining (tambang liar), illegal logging (perusak hutan) yang meyebabkan kerusakan lingkungan yang luar biasa," kata Jokowi saat konferensi pers di Istana Bogor, Jumat (5/6).

Presiden menegaskan pihaknya akan memerintahkan aparat keamanan mengambil langkah yang tegas dalam penegakan hukum terhadap perusak lingkungan tersebut.

Pada saat pidato peringatan Hari Lingkungan Dunia yang dipusatkan di Istana Bogor, dia menegaskan komitmen pemerintah meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup sehingga harus ada pengaturan tata ruang.

"Tata ruang penting sekali, terutama yang saya lihat di lapangan, di sektor pertambangan, perhutanan, kelautan. Ini yang banyak di lapangan perlu perhatian khusus," kata presiden.

Jokowi menegaskan pengelolaan lingkungan ini juga diikuti langkah tegas terhadap pelaku kejahatan lingkungan hidup.

"Mari jadikan bumi sebagai tempat yang nyaman, bumi bisa mencukupi kebutuhan seluruh manusia, tapi tak akan cukup memenuhi kebutuhan segelintir orang yang serakah," kataJokowi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA