Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Hari Lingkungan Hidup, Jokowi Minta Lahan Hijau Diperbanyak

Jumat 05 Jun 2015 13:29 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani

Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memeringati Hari Lingkungan Hidup di Istana Bogor, Jumat (5/6). Acara peringatan digelar di halaman belakang Istana Bogor.

Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan keinginannya agar setiap daerah memiliki hutan kota yang besar seperti Kebun Raya Bogor.

"Kita bayangkan apabila di setiap kota/kabupaten ada kebun kayak begini. Kalau dulu bisa dibangun kenapa sekarang tidak," katanya.

Jokowi juga menegaskan komitmen pemerintah untuk terus menjaga dan memperbaiki lingkungan hidup.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya mengatakan, Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Indonesia pada 2014 baru mencapai 63,42. Dia berharap, tahun ini indeks tersebut meningkat menjadi 66,5 dan meningkat lagi hingga 68,5 pada 2019.

Siti menambahkan, pihaknya hingga saat ini terus aktif mendorong pemerintah daerah agar membuat kebijakan yang ramah lingkungan. Misalnya dalam bentuk pengadaan barang dan jasa yang ramah lingkungan.

"Dunia usaha juga didorong untuk meningkatkan investasi hijau, menyediakan barang dan jasa yang ramah lingkungan dan memfasilitasi upaya untuk memanfaatkan kembali sampah yang telah diolah," kata Siti.

Dalam acara peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, Jokowi juga memberikan penghargaan Kalpataru pada 11 orang dan Adiwiyata Kalpataru pada 95 sekolah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA