Senin 01 Jun 2015 08:34 WIB

Buang Air Kecil Delapan Kali Sehari? Baiknya Anda Waspada

Rep: MG ROL 40/ Red: Hazliansyah
Anak bermasalah dengan buang air kecil/ilustrasi
Foto: modernmom.com
Anak bermasalah dengan buang air kecil/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, -- Buang air kecil merupakan hal yang manusiawi. Semua orang pasti perlu buang air kecil untuk membuang racun-racun dari dalam tubuh. 

Tapi harus diperhatikan lagi berapa kali anda dalam sehari. Buang air kecil lebih dari delapan kali dalam sehari ternyata bisa mengindikasikan bahaya. Anda mungkin saja terkena inkontinesia atau yang biasa disebut dengan "beser".

Menurut Soumyan Dey, dokter spesialis urologi, dilansir dari health Me Up, Senin (1/6), inkontinesia adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat mengontrol kandung kemih. Biasanya, penyebab inkontinensia adalah stres serta dorongan secara berlebihan, umumnya dialami oleh perempuan.

Pada perempuan, inkontinensia bisa disebabkan karena otot-otot panggul melemah, umumnya ini terjadi selama kehamilan dan setelah proses persalinan. Sedangkan untuk pria, inkontinensia biasanya terjadi akibat ginjal yang membatu serta pembesaran pada prostatnya. 

Selain itu masalah penuaan, kerusakan fisik, kanker, obesitas, atau tumor kandung kemih merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami inkontinensia urine.

Cara paling baik untuk mengobati inkontinensia, masih menurut Soumyan, adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup. Rajin berolahraga serta mengonsumsi suplemen dapat membantu mengobatinya. Kafein merupakan musuh utama orang dengan penyakit ini karena dapat menstimulasi kandung kemih. 

Rokok dan alkohol juga harus dihindari, karena dapat mengiritasi kandung kemih. Dan yang paling penting adalah hindari stres yang merupakan faktor utama penyebab inkontinensia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement