Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Cincin Kawin

Sabtu 30 May 2015 13:19 WIB

Red: Indira Rezkisari

Cincin kawin

Cincin kawin

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Sebelum mengikat janji pernikahan, ada banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya cincin kawin. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dipertimbangkan para calon pengantin agar urusan memilih cincin kawin tidak menghambat persiapan pernikahan.

Menurut Tanya Alissia, General Manager Marketing Communication PT Central Mega Kencana yang membawahi merek perhiasan seperti The Palace, Mondial Jeweler, Frank & co., dan Miss Mondial, pasangan sebaiknya membeli cincin kawin sejak jauh-jauh hari, setidaknya enam bulan sebelum hari-H.

Ini merupakan langkah antisipasi bila cincin yang diinginkan harus disesuaikan dengan ukuran jari, baik itu dibesarkan maupun dikecilkan.

"Banyak orang beli mepet, padahal toko perhiasan butuh 45 hari kerja untuk membuat yang baru," ujar Tanya.

Selain itu, Tanya mengatakan pasangan harus mempertimbangkan desain yang terlihat bagus di jari mempelai perempuan dan laki-laki. Ada cincin yang terlihat indah saat dipakai perempuan, namun terlihat terlalu feminin untuk sang pria.

Profesi pengantin pun menjadi pertimbangan memilih desain cincin kawin. Pekerjaan di lapangan, misalnya insinyur di area pengeboran minyak, sebaiknya memilih desain sederhana yang kokoh. Bila memakai batu permata, pilihlah desain di mana batu itu ditanam di dalam sehingga melekat kuat.

Material cincin pun harus dipertimbangkan, apakah pengantin ingin memakai berlian atau tidak, warna emas seperti apa yang diinginkan. Semuanya disesuaikan dengan selera calon pengantin. "Emas kuning, putih, rose gold atau perpaduannya?"

Dana juga penting untuk diperhatikan. Menurut Tanya, rata-rata pengantin mempersiapkan dana sebesar Rp 15 juta hingga Rp 20 juta untuk sepasang cincin kawin.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA