Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Satu dari 10 Warga Australia Idap Ginjal Kronis

Kamis 28 May 2015 19:25 WIB

Red: Indira Rezkisari

Pasien gagal ginjal.

Pasien gagal ginjal.

Foto: Antara/Eric Ireng/ca

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah laporan menyebutkan 1 dari 10 warga Australia menderita penyakit ginjal kronis. Namun ironisnya, kebanyakan dari mereka tidak mengetahui kalau mereka memiliki gangguan kesehatan tersebut.

Di seluruh Australia, diperkirakan setiap 25 menit ada satu orang warga yang meninggal karena penyakit terkait gangguan fungsi ginjal. Itu artinya 1,7 juta warga Australia merupakan penderita penyakit ginjal kronis dan 1,5 juta orang diantaranya tidak mengetahui kalau mereka memiliki penyakit tersebut.

Mengingat banyak orang yang tidak terdiagnosa inilah, kalangan dokter memperingatkan warga mengenai meningkatnya masalah ini dalam sistem kesehatan. Kepala Eksekutif, Kesehatan Ginjal Australia, Anne Wilson, mengatakan penyakit ginjal ini merupakan penyakit yang 'diam-diam' dan "tersembunyi' karena gejalanya sangat sedikit.

"Ini merupakan penyakit yang umum, tapi membahayakan tapi bisa diobati jika kita mengetahuinya lebih awal," kata Wilson. Dikatakannya 1 dari 6 orang yang memiliki tekanan darah tinggi juga menderita penyakit ginjal pada tahap tertentu, tapi kebanyakan tidak pernah memeriksakannya ke dokter.

Seperti dialami oleh pria asal Sydney, Nik Pinchbeck, tiga tahun lalu menjelang pernikahannya. Setelah pergi minum bersama teman-temannya, dia terjatuh dan kepalanya terbentur ketika hendak pulang ke rumah.

"Ketika bangun keesokan harinya saya merasa tidak enak badan dan berpikir ada yang tidak beres dengan diri saya," kata Pinchbeck. Dokter mengatakan dia tidak gegar otak, tapi cek kesehatan rutin menunjukan kalau dia menderita penyakit ginjal stadium 4. Pria berusia 34 tahun itu mengaku terkejut dengan diagnosis tersebut.

"Ginjal saya sudah 80 persen tidak berfungsi," katanya. "Saya dirawat selama 7 hari di rumah sakit, saya banyak mencari tahu tentang penyakit ginjal di internet jadi saya belajar banyak," tuturnya.

Pinchbeck mengaku sejak tahu dirinya menderita ginjal, dia mengubah pola makannya dan sekarang rutin memeriksakan kesehatannya ke dokter ginjal.

Laporan dari Kesehatan Ginjal Australia menunjukan penyakit ini akan dapat mempengaruhi warga Australia selama beberapa dekade mendatang. Dr Tim Matthew, Direktur Medis Kesehatan Ginjal Australia, mengatakan  beban kesehatan akibat penyakit ginjal akan meningkat dalam sistem kesehatan Australia pada tahun 2020 mendatang.

"Setiap kasus ginjal, memakan anggaran antara 50 ribu dolar AS dan 90 ribu dolar AS per tahun," katanya.

Dr Matthew mengatakan "epidemi diabetes' di Australia juga terkait dengan kematian yang disebabkan karena penyakit ginjal. "Menjadi pasien cuci darah itu adalah bagian perawatan kesehatan yang sulit. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengurangi atau menghindari hal itu menurut saya," kata Dr Matthew.

sumber : http://australiaplus.com/indonesian/2015-05-28/tiap-25-menit-1-warga-australia-meninggal-karena-penyakit-ginjal-kronis/1452858
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA