Kamis 28 May 2015 16:19 WIB

Lebih Dari Empat Gelas Kopi Per Hari? NO!

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wanita minum kopi (Ilustrasi)
Foto: SheKnows
Wanita minum kopi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah penelitian terbaru menyarankan Anda untuk tidak minum kopi setara espresso lebih dari empat gelas per hari. Badan keamanan pangan Uni Eropa mengatakan mengonsumsi kafein setara empat gelas espreso sangat membahayakan kesehatan.

Resiko lebih tinggi untuk wanita hamil dan anak muda yang sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari dua gelas per hari. Hari ini, Rabu (27/4), untuk pertama kalinya Uni Eropa menerapkannya dalam level panduan negara.

Badan keamanan UE merekomendasikan konsumsi kafein untuk dewasa tidak lebih dari 400 mg per hari. Langkah tegas ini dilakukan untuk mengurangi kebiasaan warga Eropa mengonsumsi kafein.

''Konsumsi kafein dari berbagai sumber makanan yang tidak lebih 400 mg per hari tidak meningkatkan resiko kesehatan dewasa untuk populasi secara umum, kecuali wanita hamil,'' kata laporan tersebut, dikutip Daily Mail. Sementara anak-anak hanya boleh mengonsumsi maksimal tiga mg per kg berat badan.

Laporan tersebut juga menyebut minuman Red-Bull dan Latte sebagai sumber lain kafein. Juru bicara Uni Eropa mengatakan pesan utama dari laporan adalah konsumen harus menghitung konsumsi kafein mereka dari berbagai sumber lain selain kopi. ''Resikonya terhadap kesehatan tidak terlihat, tapi ada,'' kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement