Kamis 28 May 2015 07:29 WIB

Ingin Jogging? Perhatikan Hal Ini Dulu!

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri
Jogging.
Foto: Guardian.co.uk
Jogging.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim kemarau sudah tiba. Saat yang tepat untuk menyempatkan waktu berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh.

Tidak perlu olahraga berat dan mahal, Anda bisa memulai dengan lari santai atau jogging. Selain tanpa mengeluarkan biaya, olahraga ini bisa dilakukan di mana saja.

Namun, sebelum memulai rutinitas untuk berjogging ada baiknya Anda melakukan beberapa tips ini. Untuk menjaga kesehatan Anda sehingga menghindari kemungkinan justru Anda sakit padahal berharap lebih bugar.

Dilansir dari Womanitely, Kamis (28/5) ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum memutuskan untuk memasukan jogging ke dalam daftar rutinitas.

Konsultasikan Pada Dokter

Jogging pastinya adalah aktivitas fisik yang membuat semua tubuh bergerak. Anda harus meyakinkan kondisi badan siap menjalani ini. Konsultasi dengan dokter dapat membantu Anda mengetahui sebelumnya apa olahraga ini cocok. Sebab terkadang olahraga yang tidak cocok justru membuat badan terasa sakit.

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Persiapkan pakaian yang nyaman digunakan untuk berolahraga. Hindari baju ketat yang justru membuat kesulitan bernapas. Pilih juga pakaian yang menyerap keringat serta sepatu jogging yang pas dan tidak membuat sakit pada kaki.

Pemanasan

Sebelum memulai jogging, pastikan Anda sudah melakukan pemanasan sebelumnya. Jangan sampai di tengah jogging Anda merasakan kram atau ketegangan pada otot. Jika salah bahkan kadang dapat berakibat parah.

Perhatikan Sinyal Tubuh

Ketika berolahraga terkadang kita tidak memperhatikan tubuh sendiri karena terlalu asyik. Anda harus selalu waspada atas kesehatan seluruh bagian tubuh Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement