Rabu 27 May 2015 12:38 WIB

Obesitas Rentan Terkena Acanthossi Nigrican

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Acanthossi Nigrican
Foto: Google
Acanthossi Nigrican

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Area kulit yang menghitam di sekitar lipatan kulit, seperti tengkuk, siku, ketiak, dan bagian lainnya lebih dikenal dengan dark shadow.

Namun tidak semua dark shadow disebabkan karena penumpukan dari sel kulit mati, bisa jadi area yang menghitam itu disebabkan oleh gula darah yang tinggi.

Tingginya gula darah dapat menyebabkan resistensi insulin yang bisanya terjadi hanya kepada penyandang diabetes tipe dua atau orang yang terkena obesitas. Menggelapnya area kulit di bagian-bagian lipat pada penderita diabetes tipe dua dan obesitas dikenal dengan istilah Acanthossi Nigrican.

Jika insulin  itu tidak terkontrol atau terlalu tinggi makan akan menimbulkan aktivitas berlebih pada sel-sel kulit. Sehingga menimbulkan perubahan pada kulit orang tersebut. Hal tersebut yang akhirnya menimbulkan jejak-jejak kehitaman pada area sekitar tengkuk dan ketiak.

"Kita harus periksa dulu, apa benar itu gula darah tidak terkontrol," ujar dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp. KK yang ditemui ROL beberapa waktu yang lalu.

Bila memang gula darah yang menjadi penyebabnya, cara pengobatannya tidak hanya dengan srubbing saja, namun juga harus diobati penyakit bawaannya juga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement