Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

LIPI akan Tinjau Lokasi untuk Kebun Raya Sampit

Selasa 26 May 2015 13:13 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

  Warga bewisata ke Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/8).  (Republika/ Yasin Habibi)

Warga bewisata ke Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/8). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT -- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia membangun kebun raya Sampit.

"Selain LIPI, pihak kebun raya Bogor nantinya juga akan membantu pembangunan kebun raya Sampit. Dan nota kesepahaman kedua belah pihak telah ditandatangani pada Senin (18/5) lalu," kata Bupati Kotim Supian Hadi di Sampit, Selasa (26/5).

Tim dari LIPI dan kebun raya Bogor rencananya akan datang ke Kabupaten Kotim pada Juni 2015 nanti meninjau lokasi pembangunan kebun raya Sampit.

Dengan melibatkan pihak LIPI dan kebun raya Bogor, diharapkan dapat mempercepat pembangunan kebun raya Sampit.

Pembangunan kebun raya Sampit rencananya akan dilakukan di Jalan Jenderal Sudirman Sampit-Pangkalan Bun kilometer 31 dengan luas mencapai 607 hektare.

Menurut Supian Hadi, pembangunan kebun raya Sampit dilakukan secara bertahap dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kotim. Untuk tahap pertama pembangunan kebun raya Sampit akan dialokasikan sebesar Rp 4-Rp5 miliar.

"Kebun raya Sampit sangat penting untuk kelestarian alam. Keberadaan kebun raya Sampit juga akan menyelamatkan berbagai tumbuhan khas daerah yang saat ini mulai langka," katanya.

Kebun raya Sampit nantinya akan menjadi kebun raya yang terluas di Indonesia. Kebun raya Sampit nantinya akan menjadi tempat penelitian dan proses pendidikan serta menjadi tempat penelitian hutan Kalimantan, riset, wisata alam dan tempat konservasi binatang khas Kalimantan Tengah.

Kebun raya Sampit nantinya juga akan dilengkapi dengan hutan mangrove sebagai pendukung obyek wisata. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA