Kamis 21 May 2015 07:41 WIB

Solusi Kesehatan Buat Kalangan Profesional Ibu Kota yang Rentan Stres

profesional (iustrasi)
Foto: www.kaskus.co.id
profesional (iustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kalangan profesional muda ibu kota ternyata rentan terpapar stress akibat kondisi lalu lintas yang macet. Salah satu pemulih kondisi kesehatan bagi individu yang rentan stress ternyata dengan mengonsumsi saripati ayam kaya protein.

“Hasil survei Jakarta Professional Health Index 2015 yang diumumkan pada Selasa (19/5) kemarin mengungkapkan bahwa profesional Jakarta mengakui bahwa stress yang mereka alami mayoritas   diakibatkan oleh  kemacetan lalu lintas dan target pekerjaan,” ungkap Vice President dan General Manager PT Cerebos Indonesia Agus Setio Joewono dalam Jakarta Health Week 2015 (JHW 2015), Rabu (20/5).

Kondisi psikis tersebut membuat mood seseorang menjadi tidak stabil, tubuh terasa tidak fit, dan konsentrasi menurun.

Hal ini berakibat pada kurang produktifnya seseorang, terutama dalam pekerjaannya.

Solusi untuk mengembalikan mood pun beragam, di antaranya melalui olah raga, penyembuhan holistik, dan asupan nutrisi yang tepat sebagai mood booster. 

“Dengan berolahraga hormon serotonin di otak akan meningkat, hal ini berdampak pada emosi yang lebih tekendali, serta kinerja otak yang meningkat pula,” terang dokter spesialis kedokteran olah raga dr. Michael Triangto, SpKO.

Berkembangnya tren olah raga di masyarakat belakangan ini, merupakan hal positif yang menandakan bahwa kesadaran pentingnya olah raga telah dipraktekkan secara luas.

Meski begitu, untuk menjadikan olah raga yang diaplikasikan tersebut benar-benar bermanfaat bagi kesehatan tubuh, dr. Michael menekankan bahwa setiap individu perlu mengidentifikasi jenis olah raga yang tepat untuk dirinya, mengingat durasi dan beratnya olah raga yang dilakukan tidak semata-mata menjamin dampak sehat bagi pelaku olah raga.

Jenis dan frekuensi olah raga individu non-atlet, tidak bisa disamakan dengan apa yang dilakukan oleh para atlet, karena keduanya memiliki tujuan berbeda.

Untuk mendapatkan tubuh sehat bugar dan bukan untuk kepentingan kompetisi, olah raga dianjurkan untuk dilakukan setidaknya 150 menit dalam satu minggu, dengan terlebih dahulu mengetahui kemampuan diri, serta memilih olah raga yang tepat sesuai dengan kemampuan fisik.

Sementara, pakar holistik dari True Nature Holistic Healing Reza Gunawan kesehatan fisik dengan  kesehatan pikiran dan jiwa. Reza mengungkapkan bahwa stress yang seringkali dialami masyarakat kota merupakan pertanda bahwa seseorang belum sehat secara holistik atau menyeluruh.

“Dalam jangka panjang, stress dapat membuat tubuh rentan terhadap bermacam penyakit. Karena itu, setiap orang sebaiknya memiliki kemampuan untuk mengelola stress yang dialami, salah satunya adalah melalui meditasi,” paparnya.

Namun, ritme kerja yang padat seringkali menjadi alasan sulitnya meluangkan waktu untuk menenangkan diri dan melakukan meditasi. Reza menyampaikan tips untuk menerapkan unsur meditasi di tengah kesibukan yang diyakini mampu membantu para profesional mendapatkan ketenangan pikiran dan mengelola emosi, yang selanjutnya mendukung produktivitas mereka.

Jurus ampuh mengatasi stress lainnya dengan mengonsumsi suplemen berbahan alami. Salah satunya dengan saripati ayam.

“Pada saat stress, daya tahan tubuh dan konsentrasi seseorang mengalami penurunan. Dengan konsumsi teratur saripati ayam,” imbuh Agus lagi.

Khasiat tersebut ditawarkan saripati ayam langsung minum merek BRANDS’S yang telah ada sejak 180 tahun lalu serta diakui oleh lebih dari 35 jurnal ilmiah internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement