Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Mengintip Sejarah Kota yang Hilang Ribuan Tahun

Kamis 21 May 2015 19:15 WIB

Rep: MGROL38/ Red: Winda Destiana Putri

Pompeii

Pompeii

Foto: Amusingplanet

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Jika Anda berkunjung ke Roma, sempatkan diri untuk mengunjungi jalan di kota Pompeii. Disanalah, Anda dapat melihat jejak sejarah kota kuno Pompeii yang hilang selama ribuan tahun.

Anda akan menemukan fakta bahwa kota Pompeii yang hancur akibat erupsi gunung Vesuvius tersebut, ternyata dekat dengan kota modern Naples di Italia.

Kota Pompeii hilang selama ribuan tahun akibat tertutup abu Vesuvius. Sampai akhirnya, para arkeolog kembali menemukan kota tersebut pada 1599, dilansir Amusingplanet Kamis (21/5).

Penemuan pada pertengahan abad ke 18 itu begitu mengagumkan, pasalnya para arkeolog berhasil menemukan ribuan bangunan yang tersambung dengan jalan, sistem penyediaan air, gedung besar, gedung olahraga, serta pelabuhan.

Namun tak hanya meninggalkan bangunan, Pompeii juga meninggalkan memori yang menggambarkan kehidupan bertransportasi pada masa itu.

Kala itu, Roma masih menggunakan kereta perang sebagai transportasi dan kuda digunakan sebagai sarana berkendara melewati jalan-jalan berbatu di kota. Uniknya, jejak kaki-kaki kuda yang berjalan di atas batu-batu tersebut masih tergambar jelas hingga kini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA