Jumat, 4 Rajab 1441 / 28 Februari 2020

Jumat, 4 Rajab 1441 / 28 Februari 2020

Ingin Ketahui Data BPJS Kesehatan? SMS Aja

Rabu 20 Mei 2015 20:54 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Esthi Maharani

  Warga mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan perseorangan di kantor cabang BPJS Jakarta Timur, Selasa (20/1).

Warga mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan perseorangan di kantor cabang BPJS Jakarta Timur, Selasa (20/1).

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat yang menjadi peserta penerima bantuan iuran (PBI) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan maupun peserta mandiri atau perusahaan bisa mengetahui data kepesertaan maupun fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) mereka dengan mengirimkan pesan singkat atau SMS.

Kepala Grup Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Ikhsan mengatakan, individu atau peserta juga bisa mengeceknya dengan mengirim sms dengan format yang telah ditentukan.

“Ketik NOKA spasi NOMOR KARTU BPJS dan kirim ke 08775500400,” katanya saat mengunjungi Kantor Harian Republika, di Jakarta, Rabu (20/5).

Dia menjelaskan, jumlah peserta BPJS Kesehatan hingga pertengahan Mei 2015 sekitar 143 juta orang. Sementara jumlah peserta PBI saat ini mencapai 86,4 juta orang didapat dari data peserta jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas).

Adapun data jamkesmas, kata dia, didapat dari pendataan Kementerian Sosial (Kemensos) yaitu data nama dan alamat. Data dari Kemensos itu, kata dia, kemudian diserahkan ke BPJS Kesehatan dan akhirnya diterima BPJS Kesehatan. Pihaknya kini telah menyimpan data-data itu dalam master file.

“Data 60 juta orang yang telah divalidasi telah akurat. Namun, sisanya masih divalidasi,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA