Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Muhammadiyah: Ingat Pesan Bung Hatta dalam Mencerdaskan Bangsa

Kamis 14 Mei 2015 14:54 WIB

Rep: C94/ Red: Erik Purnama Putra

 Siswa kelas enam Madrasah Ibtidaiyah sedang mengikuti belajar di Sekolah Al-Muriyah, Jakarta Pusat, Jumat (27/3).

Siswa kelas enam Madrasah Ibtidaiyah sedang mengikuti belajar di Sekolah Al-Muriyah, Jakarta Pusat, Jumat (27/3).

Foto: Republika/Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendidikan madrasah harus mendapat perhatian serius dari pemerintah. Sebab, sekolah yang menanamkan nilai-nilai keislaman tersebut kondisinya dari waktu ke waktu kian memburuk.

"Tugas negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. itu sudah ada di sudah ada pada mukadimah UUD 1945," kata Bendara Pengurus Pusat Muhammadiyah, Anwar Abbas dihubungi Republika, Selasa (11/5).

Anwar yang juga ketua Bidang Pendidikan Majlis Ulama Indonesia (MUI) tersebut mengatakan, wakil presiden Muhammad Hatta pernah berpesan bahwa negara berkewajiban dalam memberikan bantuan pada masyarat yang membantu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mengutip pesan Bung Hatta, "Bila ada kelompok masyarakat yang membantu tugas pemerintah dalam mencerskan kehidupankan dan membantu mengatasi kesengsaaraan rakyat maka wajib hukumnya bagi negara untuk membatu."

Dengan demikian, menurut Anwar, lembaga madrasah tidak perlu meminta-minta kepada pemerintah. sebab, negara telah berkewajiban memberikan bantan tersebut. "Penyelengara swasta ini kesannya seperti mengemis kepada pemerintah. padahal tugas mereka itu sudah tugas inti negara," ujarnya.

Anwar mengatakan, seharusnya pemerintah mencari sekolah yang memang memerlukan bantuan. Hal itu tentunya tanpa ada pengajuan dari sekolah yang perlu dibantu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA