Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Balita Memerlukan Lemak

Selasa 12 May 2015 19:00 WIB

Red: Indira Rezkisari

Roti bisa jadi pilihan karbohidrat yang baik bagi pasokan energi anak.

Roti bisa jadi pilihan karbohidrat yang baik bagi pasokan energi anak.

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Di usia menjelang 5 tahun, si kecil juga mulai aktif bergerak sehingga ia membutuhkan banyak nutrisi pemasok energi. Berikan anak Anda energi tambahan dari karbohidrat.

Contoh sumber karbohidrat yang dapat Anda berikan untuknya adalah roti, nasi, atau mi. Berikan kebutuhan tersebut lewat varian makanan yang berbeda setiap hari agar si kecil tidak bosan.

Kata Dr. Matheus Tatang Puspanjono, SpA, dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, lemak juga berfungsi untuk menambah energi dan menjaga kestabilan suhu tubuh. Lemak tidak selalu bersifat negatif seperti yang selama ini orang sering kaitkan dengan penyebab obesitas. Nutrisi lain yang dibutuhkan anak adalah mineral yang terdiri dari kalsium, magnesium, zat besi, dan seng yang berperan penting dalam tumbuh kembang anak.

“Pertumbuhan tulang dan gigi anak dapat dioptimalkan dengan kalsium, sumbernya yang disukai anak misalnya susu dan brokoli,” ujar Dr. Tatang, dikutip dari www.parentsindonesia.com. Fungsi mineral lainnya seperti magnesium adalah untuk mengoptimalkan penyerapan gizi oleh tubuh anak, sedangkan iodium berfungsi untuk mengatur fungsi saraf dan jaringan otot.

Nutrisi yang dibutuhkan anak terdiri dari protein, karbohidrat, zat besi, vitamin A, B, C, D, E, K, mineral. sumbernya, roti, jagung, kuning telur, ikan, daging sapi, wortel, susu, udang,

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA