Senin 11 May 2015 13:03 WIB

Tiga Alasan Mengapa Timun Harus Dikonsumsi

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
Timun memiliki banyak khasiat baik bagi tubuh.
Foto: pixabay
Timun memiliki banyak khasiat baik bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Seperti semangka , mentimun memiliki 95 persen kandungan air yang berlimpah. Kandungan air membuat timun sangat bagus dikonsumsi saat udara panas. Timun pun mampu mencegah manusia terkena dehidrasi.

Namun, ada alasan untuk makan mentimun setiap saat. Timun memiliki zat-zat yang berkhasiat untuk tubuh seperti vitamin K, vitamin B , kalium, vitamin C, dan potassium.

Mentimun dapat membantu untuk menghindari kekurangan gizi. Seperti yang dilansir dari laman Epoch Times, Senin (11/5), mentimun mengandung polifenol yang unik dan senyawa lain yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Berikut alasan lain Anda harus mulai menambahkan timun dalam menu sehari-hari.

 

Melindungi otak

Mentimun mengandung flavonol yang tampaknya memainkan peran penting dalam kesehatan otak. Selain meningkatkan daya ingat Anda, timun juga mampu melindungi sel-sel saraf Anda dari penurunan yang berkaitan dengan usia. Timun sangat cocok untuk mencegah Anda terkena Alzheimer.

Mengelola stres

Mentimun mengandung vitamin B, termasuk vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7 (biotin). Vitamin B dikenal untuk membantu Anda mengatur perasaan dan pola pikir Anda sehingga terhindar dari stres.

Baik untuk kesehatan jantung

Mentimun mengandung potassium yang mampu membuat tingkat tekanan darah lebih rendah. Kalium baik untuk sel-sel sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Sebagai elektrolit, Kalium adalah ion bermuatan positif yang harus mempertahankan konsentrasi tertentu untuk melaksanakan fungsi-fungsinya, yang mencakup berinteraksi dengan natrium untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung .

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement