Jumat 08 May 2015 18:42 WIB

Indonesia Sabet Juara Umum Olimpiade Sains Terapan

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Dwi Murdaningsih
Pengunjung mencoba mengoperasikan alat laboratorium dalam pameran teknologi peralatan laboratorium di Jakarta, Rabu (7/5).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pengunjung mencoba mengoperasikan alat laboratorium dalam pameran teknologi peralatan laboratorium di Jakarta, Rabu (7/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Indonesia berhasil meraih juara umum dalam Olimpiade Sains Terapan Dunia atau International Science Project Olympiad (ISPRO) yang ketiga. Pelaksanaan ISPRO berlangsung dari 4 Mei sampai 8 Mei di Jakarta.

Indonesia berhasil meraih juara umum dengan menyabet empat medali emas, tiga medali perak dan dua medali perunggu. Lawan Indonesia yang cukup berat adalah Bosnia dan Herzegovina.

Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud Achmad Jazidie mengatakan, Indonesia berhasil menjadi juara umum olimpiade sains terapan. Ini menunjukkan kalau  generasi muda Indonesia itu kreatif dalam menyelesaikan persoalan.

Selain itu, ujar dia, olimpiade ini menjadi wadah untuk memberi solusi nyata dalam permasalahan dunia. "Melalui kegiatan ini, para pelajar bisa membangun jejaring sesama pelajar dari seluruh dunia," ujarnya, Jumat, (8/5).

Olimpiade Sains Terapan ini diikuti para  pelajar berusia 14 hingga 18 tahun. Lomba ini diikuti  29 negara. Lomba Olimpiade Sains Terapan memiliki lima bidang yang bisa diikuti antara lain, kimia, biologi, fisika, lingkungan, juga teknologi.

Para peserta diminta untuk menjelaskan proyeknya dan  menggunakan idenya dalam teori dan praktik. Mereka juga bisa menyertakan maksimal 10 karya dari satu negara.

Penilaian lomba tersebut antara lain, penelitian, desain, metodologi yang dipakai,  data, analisis, pemahaman, juga kreativitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement