Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Tips Sukses Saat Presentasi

Rabu 06 May 2015 15:00 WIB

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari

Persiapkan diri dengan matang agar presentasi bisa berjalan sukses.

Persiapkan diri dengan matang agar presentasi bisa berjalan sukses.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, Mengetahui cara berbicara dengan baik di hadapan orang banyak merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki setiap orang di masa kini. Hampir di setiap pekerjaan, Anda akan diminta untuk berbicara di depan orang lain bahkan di kerumunan orang yang belum Anda kenal sebelumnya.

Pembicara yang baik merupakan seorang yang dapat  menyampaikan informasi dengan sesuai dan membuat pendengar mengerti akan pesan yang disampaikan. Bukan malah membuat pendengar bingung, atau malah malas menyimak apa yang disampaikan.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat membantu Anda menjadi pembicara yang baik, dilansir dari Womanitely, Rabu (6/5).

Pertama, Anda harus banyak membaca. Kenapa? Karena membaca dapat menambahkan kosa kata yang bisa digunakan ketika berbicara. Kedua, Anda harus mempersiapkan segala bahan pembicaraan dengan matang. Penggunaan metafora, kutipan, dan julukan-julukan yang mewakili sesuatu akan membuat Anda bisa mengekspresikan ide dengan baik. Pmbicaraan Anda pun terkesan menyenangkan dan tidak membosankan.

Ketiga, perbanyaklah praktik. Anda bisa memulainya dengan belajar berbicara di depan kelaurga, teman, atau di depan cermin. Cermati kekurangan ketika Anda berbicara, dan jangan lelah untuk mempraktikkannya kembali.

Keempat, mulailah presentasi Anda dengan pembukaan yang berkesan. Hal ini membantu Anda memberikan kesan kepada pendengar. Kelima, berbicara dengan keras dan jelas. Anda harus berlatih lebih keras untuk membiasakan diri berbicara secara keras dan jelas agar informasi yang disampaikan terdengar baik oleh pendengar.

Keenam, gunakan bahasa tubuh. Penggunaan bahasa tubuh merupakan kekuatan yang sangat penting saat berbicara. Jika Anda dapat menggunakannya dengar benar, kepercayaan diri akan tumbuh. Belajarlah tersenyum, memainkan ekspresi muka, sampai memainkan kontak mata.

Ketujuh, fokus terhadap apa yang dibicarakan. Jangan terganggu dengan keadaan sekitar yang kurang mendukung, seperti kegaduhan atau pertanyaan iseng yang dilontarkan pendengar. Kedelapan, tingkatkan rasa percaya diri. Jika Anda tidak percaya diri, bagaimana bisa orang lain akan mendengarkan apa yang dibicarakan. Anda harus yakin bahwa Anda bisa dan mampu. Tunjukkan dengan menebar senyum dan bersikap ramah kepada pendengar.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA