Rabu 06 May 2015 15:08 WIB

Memetik Pelajaran dari Kelas Global (7)

Anak belajar (Ilustrasi)
Foto: NewsNet
Anak belajar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang dapat kita pelajari dari negara-negara lain dalam menyiapkan anak-anak untuk masa depan? Banyak.

Mari kita berkeliling dunia untuk melihat bagaimana sistem pendidikan terkemuka membantu murid-murid mereka berprestasi.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com berikut penjelasannya:

Kanada

Katie York bersyukur dengan adanya program pre-K yang unik di provinsi Ontario. Ketika sudah waktunya untuk mendaftarkan anak perempuannya, Gemma, sekarang berusia 6 tahun,  dia memunyai pilihan atas empat sistem sekolah yang dibiayai pemerintah secara gratis di kotanya, Toronto: Bahasa Inggris, Katolik Inggris, Franchopone, dan Katolik Bahasa Perancis.

Para orang tua di Ontario dapat juga memasukkan anak-anak mereka di TK junior (TKJ) pada usia 3½ , ruang belajar berbagi dengan anak-anak berusia 4 dan 5 tahun (yang dikenal sebagai TK senior). Menjadi sukarelawan di dalam kelas, yang merupakan dorongan bukan kewajiban, memberikan York gambaran tentang bagaimana pendekatan beragam usia tersebut bekerja. Misalnya, ketika TK senior mungkin sedang belajar baca tulis secara privat dengan seorang guru atau murid sukarelawan dari kelas yang lebih tinggi, sementara TK junior akan mengerjakan tugas berhubungan dengan kesenian yang berfokus pada topik yang sama.

"Mengagumkan sekali melihat semuanya berjalan dengan baik, dan bagaimana kemampuan Gemma meningkat di antara TK junior dan TK senior," katanya. Orang tua juga menerima kurikulum secara detail dan rencana belajar, sehinggga mereka dapat melengkapi pendidikan seorang anak di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement