Rabu 06 May 2015 13:08 WIB

Memetik Pelajaran dari Kelas Global (5)

Sekolah di India
Foto: Google
Sekolah di India

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang dapat kita pelajari dari negara-negara lain dalam menyiapkan anak-anak untuk masa depan? Banyak. Mari kita berkeliling dunia untuk melihat bagaimana sistem pendidikan terkemuka membantu murid-murid mereka berprestasi.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com berikut penjelasannya:

India

Dapatkah Anda membayangkan anak Anda bergabung dalam sebuah tim yang berkompetisi bukan dalam pertandingan sepakbola atau tenis tapi dalam sebuah permainan tebak kata dengan menggambarkannya?

Dia bisa, jika dia tinggal di India. Seni deklamasi (keahlian membaca atau mengucapkan kalimat dengan logat dan lagu yang baik di muka umum), catur, dan, tentunya, turnamen tebak kata di India menarik ratusan penonton, yang mencerminkan penegasan negara tersebut dalam hal berpikir kreatif. Dari sejak usia dini, murid-murid didorong untuk bergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler yang memerkuat kemampuan akademis dibanding kemampuan fisik.

"Ketika Anda bermain tebak kata, Anda berkomunikasi secara nonverbal dengan teman satu tim Anda, dan mereka harus menerjemahkan apa yang sedang Anda katakan," tutur Compton. Dibutuhkan tingkat kreativitas yang cukup tinggi dan kemampuan memecahkan masalah. Beberapa sekolah di India sudah mulai juga mengajarkan matematika Vedic, sebuah sistem formula Hindu kuno yang dikenal sebagai sutras.

Dengan menerapkan 16 peraturan untuk sebuah variasi persamaan, seperti yang berhubungan dengan perkalian dan pecahan, para murid menggunakan keterampilan ini untuk mendapat keunggulan dalam ujian yang penuh persaingan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement