Ahad 03 May 2015 08:50 WIB

Gampang Lelah, Haus, dan Lapar? Ciri Awal Diabetes

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Penderita diabetes menjalani pengobatan.
Foto: AP Photo/Reed Saxon
Penderita diabetes menjalani pengobatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh yang mudah lemas dan merasa kurang bertenaga merupakan salah satu ciri seorang terkena diabetes. Meskipun, Anda banyak makan tetap saja merasa lemas dan kekurangan tenaga dalam tubuh.

"Mudah lapar, haus, dan mengantuk merupakan ciri awal terkena diabetes," ujar Dr. Mohammad Firsa, pengurus Persadia Muda (young diabetic) beberapa waktu lalu.

Pada kondisi tubuh normal manusia, insulin atau hormon yang bekerja mengendalikan tubuh untuk menggunakan karbohidrat dan lemak yang ada pada makanan, membawa darah ke sel untuk selanjutnya diubah menjadi sumber tenaga otot yang disebut dengan glikogen.

Namun hal itu tidak terjadi pada seseorang yang mengidap diabetes. Hormon insulin pada penderita diabetes tidak aktif bekerja sehingga mengakibatkan gula darah kesulitan melewati membran sel.

Dikutip dari buku Diabetes and Me, gula darah yang sulit melewati membran sel akhirnya mengalami penumpukan. Dari peristiwa itu menimbulkan efek glikogen tidak terbentuk secara baik, sehingga tenaga yang dihasilkan berkurang.

Di posisi ini yang membuat penyandang diabetes mudah merasa lemas dan mudah lelah. Dan seringnya, sinyal kekurangan tenaga ini karena kurang makan atau minum. Sinyal itu diterjemahkan oleh otak sebagai sinyal lapar dan haus. Bagian otak yang mengatur nafsu makan akhirnya mengartikan sebagai tanda Anda harus makan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement