Ahad 03 May 2015 08:43 WIB

Mengenal Gizi Penting dalam ASI

Air Susu Ibu (ASI)
Air Susu Ibu (ASI)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bahagia rasanya jika bisa memberikan cairan terbaik penuh nutrisi dan segala yang dibutuhkan bayi sejak lahir sampai dengan enam bulan pertama kehidupannya secara eksklusif.

Apa saja yang ada di dalam ASI? Kolostrum! Ya, hanya ASI yang memiliki cairan berharga ini. ASI juga memiliki perbandingan antara protein whey dan casein yang sesuai untuk bayi. ASI mengandung whey lebih banyak, yaitu 65:35.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com ASI juga mengandung taurin, DHA dan AA yang diperlukan dalam proses pembentukan sel-sel otak yang optimal. Kelebihan ASI memang tidak bisa digantikan dengan susu jenis lain.

"Karena ASI diciptakan khusus untuk bayi manusia, maka komposisinya berubah setiap saat sesuai kebutuhan. ASI juga memiliki berbagai kandungan yang bisa berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi," jelas Dr. Damayanti Rusli, SpA(K), konsulen dari Divisi Nutrisi & Penyakit Metabolik, Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, Jakarta.

Kolostrum mengandung protein, zat kekebalan terutama IgA untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi terutama diare. Kolostrum juga mengandung vitamin A yang tinggi, karbohidrat dan lemak rendah, sehingga sesuai dengan kebutuhan gizi bayi pada hari-hari pertama kelahiran. Komposisi whey yang jauh lebih banyak juga menyebabkan protein ASI lebih mudah diserap sistem pencernaan bayi.

Dari sisi gizinya, tidak ditemukan kekurangan pada ASI. Namun, dukungan terhadap ibu menyusui ASI yang belum memadai. Hanya sedikit kantor, mal, atau tempat publik yang memunyai nursing room.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement