Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Pengalaman Berkesan Dwiki Dharmawan Manggung di Ukraina

Selasa 28 Apr 2015 12:35 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Dwiki Dharmawan

Dwiki Dharmawan

Foto: Noveradika/Antara

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Musisi jaz kenamaan Indonesia Dwiki Dharmawan memiliki pengalaman berkesan saat tampil dalam Master Jam Fest di Ukraina.

Konser dengan moto "Jazz Unites Us" itu berlangsung meriah dan mendapat apresiasi luar biasa dari penggemar musik jaz di Odessa Theater Ukraina, akhir pekan lalu.

"Hari yang sangat berkesan dalam hidup saya, bayangkan musik jaz yang berasal dari rintihan para budak di Amerika telah menyebar sampai ke Ukraina," ujar Dwiki Dharmawan, Selasa (28/4).

Menurut istri penyanyi Ita Purnamasari, dalam acara Master Jam Festival itu berkumpul para musisi jaz dari berbagai negara, seperti Armenia, Azerbaizan, Indonesia, Russia, Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Kamerun, dan beberapa negara lainnya.

Dwiki mengakui dalam acara Master Jam Fest itu, tidak ada kata 'perang dingin', mengingat semuanya menyatakan perdamaian, sejalan dengan moto "Jazz Unites Us", dan konser berlangsung meriah serta mendapatkan apresiasi dari para penonton.

"Saya bersama tiga musisi Polandia Adam Golucki (drums), Pawel Urewski (bas) dan Piotr Checki (saxofon). Pawel Urewski dan Piotr Checki ditampilkan pada sesi ketiga, yaitu sesi puncak, persis sebelum jamz session," ujar Dwiki.

Master Jam Festival merupakan festival jaz yang diselenggarakan di Odessa Ukraine sejak tahun 2012, dibagi menjadi dua kategori yaitu pertama kategori kompetisi jaz, saat tahun 2013 pianis cilik Indonesia Joey Alexander mendapat Grand Prize Winner.

Sedangkan kategori kedua adalah gala concert, Dwiki tampil bersama tiga musisi Polandia.
Master Jam Festival didukung UNESCO (International Jazz Day), Thelenious Monk Istitute of Jazz, dan beberapa sponsor lokal di Ukraina.

Keberangkatan Dwiki didukung oleh Garuda Indonesia, KBRI Ukraina, KBRI Polandia, dan KBRI Slovakia.
Setelah dari Odessa, Dwiki akan melanjutkan konser di Bratislava, Slovkia, Warsawa, Polandia, Gdynia, Polandia , Warsawa dan Katowice, Polandia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA