Selasa 21 Apr 2015 20:02 WIB

'Tak Ada Anggaran Khusus untuk UN Online'

Rep: C36/ Red: Djibril Muhammad
Kepala Sekolah tengah memantau peserta Ujian Nasional berbasis Komputer lewat CCTV di SMA 3 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/5).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Kepala Sekolah tengah memantau peserta Ujian Nasional berbasis Komputer lewat CCTV di SMA 3 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer (CBT) alias online tidak diberi anggaran khusus. Kemendikbud hanya memberikan anggaran bagi operasional UN secara keseluruhan.

Hal itu disampaikan Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta, Sri Sumiyati, saat dijumpai Republika di kantornya, Selasa (21/4) sore. Dana dari Kemendikbud, lanjut dia, disalurkan kepada seluruh Disdik di Indonesia, termasuk Disdik.

Ia menegaskan, anggaran tersebut digunakan untuk pembiayaan UN secara keseluruhan, baik yang berbasis komputer (CBT) maupun yang berbasis kertas (PBT). Anggaran juga tidak ditujukan untuk pembiayaan teknis ujian di sekolah pelaksana UN CBT.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang (Kabid) SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta, Fathurin Zen, membenarkan jika anggaran khusus bagi pelaksanaan teknis UN CBT tidak ada. Sebab, sarana pelaksanaan UN telah tersedia di sekolah.

"Sudah menjadi kesepakatan bahwa sekolah yang lolos verivikasi, mampu melaksanakan UN CBT secara keseluruhan. Artinya, jika biaya operasional dan teknis sudah masuk dalam anggaran sekolah masing-masing," ujarnya saat ditemui Republika di kantornya, Selasa (21/4).

Ia memperkirakan, besaran anggaran operasional yang diberikan kepada setiap rayon sebesar Rp 9 juta. Untuk diketahui, terdapat 17 rayon SMA dan dua rayon MA yang menyelenggarakan UN 2015.

Menurut Fathurin, besaran uang transportasi sesuai dengan standar PNS, yakni Rp 50.000-Rp 70.000 per orang. Untuk konsumsi, lanjutnya, diberikan kepada masing-masing sekolah.

Hingga berita ini ditulis, Kepala Subbagian Keuangan Disdik Provinsi DKI Jakarta, Mastian, belum bisa dimintai keterangan terkait jumlah pasti anggaran yang diberikan kepada masing-masing rayon.

Ketua UN SMAN 70, Sahroni, saat ditemui Republika pekan lalu, membenarkan jika sekolah menganggarkan sendiri operasional pelaksanaan UN CBT. Untuk konsumsi panitia selama ujian, pihaknya dibantu orang tua murid yang secara sukarela menyediakan konsumsi.

Kepala SMAN 78, Rita Hastuti membenarkan jika UN CBT tidak memerlukan tambahan anggaran. Pihaknya beralasan, semua sarana ujian dan perlengkapannya sudah mencukupi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement