Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

‘Wanita Miliki Jabatan Jangan Lupakan Kodrat’

Selasa 21 Apr 2015 15:51 WIB

Red: Agus Yulianto

 Pawai peringatan Hari Kartini.

Pawai peringatan Hari Kartini.

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Kaum wanita, saat ini, tidak lagi dipandang sebelah mata. Bahkan, mereka sudah banyak yang menduduki jabatan-jabatan strategis baik di pemerintahan maupun di lingkungan masyarakat. “Namun demikian bukan berarti seorang wanita dengan bebas tanpa batas,” kata Bupati  Indramayu Hj Anna Sophanah saat peringatan Hari Kartini 2015 di Alun-alun Indramayu, Selasa (21/4).

Menurut Anna, meskipun menduduki jabatan, seorang wanita tetap ada batasan yang harus dipatuhi yakni kodrati seorang wanita. Dia adalah menjadi ibu dari anak-anak dan menjadi isteri dari suami adalah tugas pokok yang harus mendapatkan prioritas utama dibandingkan dengan jabatan tersebut.

Walaupun dilaksanakan dengan sangat sederhana, namun peringatan Hari Kartini tersebut diharapkan tidak mengurangi makna serta tujuan dari peringatan yang dilaksanakan. Setiap kali memperingati Hari Kartini, ada makna dan tujuan yang sangat besar. Makna dan tujuan itu adalah tiada lain yakni semangat Kartini.

“Semangat yang seyogyanya terus berkobar dan senantiasa ada dalam hati sanubari setiap kaum wanita, kepribadian yang sederhana, cara berpikir yang arif dan bijaksana. Semuanya didedikasikan untuk kaum wanita. Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh kaum wanita hendaknya dapat meneladani sekaligus mewarisi semangat Kartini di era saat ini,” ujarnya.

Pada peringatan itu, juga diserahkan SK Pensiun bagi PNS di lingkungan Pemkab Indramayu periode Mei 2015 sebanyak 13 orang, penyerahan uang pembinaan  kepada juara I Hafidhoh 30 Juz pada STQ ke-14 Provinsi Jabar sebesar Rp 40 juta atas nama Idah Saidah dari Kecamatan Sukagumiwang, dan penyerahan sertifikasi pelatihan las. Pada kesempatan itu diserahkan pula penghargaan kepada para pemenang lomba kader PKK dan lomba cerdas cermat PKK tingkat Kabupaten Indramayu 2015.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA