Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Bayer Rilis Pil Kontrasepsi Baru

Senin 20 Apr 2015 22:30 WIB

Red: Taufik Rachman

Bayer

Bayer

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Bayer Indonesia meluncurkan pil kontrasepsi oral terbaru yang memiliki efek biologis sama dengan hormon estrogen alami yang diproduksi oleh tubuh wanita.

"Sudah mendapat izin di Amerika pada 2009. Izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga sudah, Oktober 2013," kata Presiden Direktur PT Bayer Indonesia Ashraf Al-Ouf dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Dijelaskan untuk pertama kalinya pil kontrasepsi menggunakan kombinasi estradiol valerat dan dienogest dalam rejimen dosis yang unik.

Pil tersebut diperuntukkan untuk jangka konsumsi selama 28 hari, dengan komposisi 26 pil mengandung hormon dan 2 pil plasebo, ujarnya menjelaskan.

"Dari riset yang melibatkan lebih dari 2.200 perempuan berusia 18-50 tahun, hasilnya diketahui bahwa pil kontrasepsi dengan estradiol valerat sangat efektif sebagai kombinasi," tukas dia.

Dalam kesempatan yang sama, Profesor Obstetrik dan Ginekologi Universitas Indonesia Biran Affandi menyampaikan bahwa wanita memiliki kebutuhan alat kontrasepsi yang berbeda-beda, sehingga diperlukan jenis obat yang berbeda pula.

"Seorang wanita moderen yang aktif akan membutuhkan pil kontasepsi oral yang harmonis dengan tubuhnya sehingga aktifitasnya sehari-hari tidak terganggu," ujarnya menjelaskan.

Di samping sebagai pencegah kehamilan, pil tersebut memiliki manfaat dalam mengobati "heavy menstrual bleeding' (HMB), atau pendarahan menstruasi berlebihan pada wanita.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA