Sabtu 18 Apr 2015 15:04 WIB

Ratusan Guru Kotawaringin Timur Siap Ikut Sertifikasi

Sertifikasi Guru (ilustrasi).
Foto: kampus-info.com
Sertifikasi Guru (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT -- Sedikitnya 703 guru di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah siap menjadi peserta dan ikut sertifikasi pada 2015.

"Kami belum bisa memastikan mereka bisa ikut semua karena yang menentukan kuota adalah pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotim, Suparmadi, Sabtu (18/4).

Ke-703 guru yang telah siap menjadi peserta sertifikasi tersebut merupakan guru dari jenjang pendidikan TK hingga SLTA. Menurut Suparmadi, sambil menunggu informasi kepastian jatah jumlah kuota, para guru yang telah siap menjadi peserta sertifikasi tersebut saat ini terus mempersiapkan diri dengan belajar.

Sistem sertifikasi sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan sangat berbeda dan lebih ketat. Untuk itu para guru perlu memiliki wawasan yang luas.

"Sertifikasi yang akan dilaksanakan nantinya melalui pola pendidikan profesi guru dalam jabatan (PPGJ), yang jelas program sertifikasi 2015 sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, baik dari proses seleksi atau penetapan calon peserta maupun dari segi mekanisme pelaksanaan," katanya.

Untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan para calon peserta sertifikasi tersebut, belum lama ini Disdik Kabupaten Kotim memberikan pemahaman terhadap guru tentang syarat sertifikasi terbaru dengan nara sumber dari lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP).

"Salah satu syarat mutlak untuk menjadi peserta sertifikasi adalah status guru yang bersangkutan haruslah sebagai guru tetap," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement