Kamis 16 Apr 2015 13:39 WIB

Terong Bantu Otak Terjaga Kesehatannya

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Terong
Foto: pixabay
Terong

REPUBLIKA.CO.ID, Minyak zaitun, rosemary, dan ikan trout adalah beberapa makanan yang membantu otak tetap sehat hingga terhindar dari pikun. Menjadi pikun merupakan musuh terbesar orang tua. Terkadang orang tua yang pikun akan sulit mengenali sekelilingnya, bahkan sampai dirinya sendiri.

Agar terhindar dari pikun ada beberapa makanan yang dilansir dari Healthgrade, Kamis (16/4), yang bisa menjauhkan dari kepikunan dini.

Terong

Sayuran ungu mengkilap ini sarat dengan senyawa fenolik yang ramah otak, termasuk asam klorogenat dan quercetin. Antioksidannya juga dapat membantu mencegah kerusakan lipid dan protein dalam sel,

Kangkung

Makan kangkung dan sayuran berdaun hijau tua lainnya yang kaya akan folat dapat membantu menjaga otak tetap tajam. Terlalu sedikit mendapatkan folat terkait dengan masalah berpikir dan demensia. Satu studi menemukan bahwa makan banyak sayuran berdaun hijau tua dikaitkan dengan "mudanya" fungsi mental pada wanita tua.

Blueberry

Blueberry yang lezat mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang disebut anthocyanin. Setelah makan makanan yang mengandung anthocyanin, zat ini akan muncul dalam jaringan otak, di mana mereka dapat membantu sel-sel otak berkomunikasi lebih baik. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan blueberry meningkatkan memori pada orang tua.

Dark Chocolate

Cocoa, bahan utama dari dark chocolate, kaya akan flavanols. Senyawa ini dapat membantu melindungi sel-sel otak dari cedera. Dalam penelitian terbaru, meminum kakao setiap hari selama delapan minggu menyebabkan memori yang lebih baik dan fungsi mental secara keseluruhan pada orang tua dengan gangguan kognitif ringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement