Selasa 14 Apr 2015 06:01 WIB

Bupati Bogor: 2016 Semua Sekolah Pakai CBT

Nurhayanti
Nurhayanti

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG -- Bupati Bogor Nurhayanti menyatakan semua sekolah dalam Ujian Nasional menggunakan sistem ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT).

"Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan UN/ENAS berbasis CBT yang dilakukan tiga sekolah di Kabupaten Bogor,"kata Bupati Bogor, Nurhayanti di Cibinong, Senin (13/4).

Ia mengatakan mengingat belum seluruh sekolah memberlakukan UN berbasis CBT. Tahun 2016 UN/ENAS harus menggunakan sistem CBT maka selanjutnya seluruh sekolah di Kabupaten Bogor mulai dari SMPN, SMA/SMKN hingga PKBM wajib pakai CBT.

"Tujuan sidak ini adalah untuk meninjau pelaksanaan UN berbasis CBT di sejumlah sekolah salah satunya SMKN 1 Cibinong. Melihat pelaksanaan yang dilakukan cukup baik dengan persiapan yang matang, ini sangat membanggakan," kata NUrhayanti.

Bupati berharap Dinas Pendidikan (Disdik) bisa lebih berani lagi menargetkan sekolah yang akan melaksanakan UN berbasis CBT.

''Kami ingin seluruh sekolah di Kabupaten Bogor bisa melaksanakan UN berbasis CBT, tentunya dengan mempersiapkan mulai dari infrastruktur, siswanya, pengawas, gurunya, hingga sarana dan prasarananya.''

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Dace Supriadi mengatakan dari 647 SMAN, SMKN termasuk PKBM dengan siswa 49 ribu siswa. Saat ini ada empat sekolah yang melaksanakan UN berbasis CBT yakni tiga SMKN dan SMAN dan satu SMPN.

Untuk bisa melaksanakan UN berbasis CBT ini tentunya didukung dengan persiapan dan ektra kerja keras, mulai dari sarana prasarana, personil panitian UN dan tentunya para siswanya itu sendiri.

"Kedepan kami akan upayakan lebih banyak lagi sekolah yang melaksanakan UN berbasis CBT. Karena manfaatnya sangat baik yakni, bisa menghemat waktu, melatih kejujuran para siswa, meminimalisir kebocoran soal," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement