Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Berjalan Kaki yang Menyehatkan

Senin 06 Apr 2015 09:31 WIB

Red: Indira Rezkisari

Jalan sehat bisa membantu meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan.

Jalan sehat bisa membantu meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, Jalan kaki adalah olahraga yang baik sekaligus realistis bagi Anda yang sibuk. “Kerja otot dan jantung meningkat saat berjalan” kata penasihat Parents Indonesia Dr. Nora Sutarina, SpKO. Selain itu, berjalan juga baik untuk bersosialisasi dan kesehatan emosional.
 
Menurut penelitian Duke University Medical Center, North Carolina, Anda hanya perlu berjalan 19 km per minggu atau setara dengan 125-200 menit untuk menjaga kesehatan. Kegiatan berjalan juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, seseorang dengan berat badan sekitar 80 kg membakar 100 kalori saat berjalan sejauh 1,5 km. Jadi, jika Anda mengurangi asupan makanan 200 kalori per hari dan berjalan 1,5 km, berat badan bisa berkurang 500 gram dalam 10 hari.
 
Tips berjalan :
1.     Biasakan berjalan perlahan dan bertahap. Jika Anda langsung berjalan cepat dengan jarak jauh, potensi cedera bisa meningkat dan sulit untuk memertahankan motivasi.

2.     Jika Anda memiliki cedera, jangan memaksa diri. Berjalan dengan perlahan atau tunggu beberapa hari hingga cedera sembuh.

3.     Kekurangan air saat berolahraga bisa menyebabkan sakit kepala dan kelelahan.

4.     Lakukan pemanasan dan pendinginan untuk mencegah risiko cedera. Mulai berjalan perlahan, percepat langkah, dan kurangi kecepatan saat di akhir latihan.

5.     Meregangkan otot sebelum berjalan juga mengurangi risiko cedera.

6.     Kenakan sepatu olahraga yang nyaman di kaki Anda.

7.     Sesekali, ayunkan lengan saat berjalan untuk meningkatkan aliran darah.

8.     Pertahankan semangat. Pilih rute dengan pemandangan yang bervariasi dan berjalanlah sekeluarga atau bersama teman.

9.     Dorong anak Anda untuk berjalan kaki di luar rumah. Ditemani binatang peliharaan atau mengikuti field trip bisa memotivasi anak untuk berjalan kaki. Sesuaikan panjang lintasan dengan usia anak. Misalnya, anak usia 4 tahun bisa berjalan 4 km dengan beberapa kali istirahat.

10.  Berjalan juga bisa dilakukan di dalam ruangan atau gunakan treadmill.

11.  Tanamkan kebiasaan berjalan. Mulai dengan 20 menit satu kali jalan, lalu tambah durasi secara berkala. Akan lebih maksimal jika dapat dilakukan tiga kali dalam satu minggu.

12.  Jadwalkan hari berjalan sekeluarga agar tubuh sehat dan kedekatan semakin terjalin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA