Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Ingin Jadi Hands On Father? Mulai dengan Cara Ini (1)

Senin 06 Apr 2015 07:19 WIB

Rep: MGROL 33/ Red: Indira Rezkisari

Seorang ayah bersama anaknya menikmati suasana Hutan Kota Srengseng, di Pengumben, Jakarta Barat, Kamis (12/3).  (Republika/Raisan Al Farisi)

Seorang ayah bersama anaknya menikmati suasana Hutan Kota Srengseng, di Pengumben, Jakarta Barat, Kamis (12/3). (Republika/Raisan Al Farisi)

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak anggapan jika laki-laki atau Ayah tidak pantas untuk melakukan pengasuhan kepada anak. Stereotip seperti itu bahkan tercipta sejak lama dalam masyarakat, di belahan dunia mana pun.

Namun, aktor Ashton Kutcher memicu komentar setelah ia mengunggah pertanyaan di akun Facebooknya. Ia mengatakan, adakah pria yang pernah mengganti popok anaknya di toilet stasiun.

Pernyataan Kutcher dipandang positif sebab ia mendukung kaum ayah yang turut mengasuh anak-anaknya. Ya, mengasuh anak memang tidak hanya pekerjaan wanita. Ayah tidak hanya berperan untuk mencari nafkah, tetapi juga dapat melakukan sesuatu untuk keluarga.

Inilah tips bagi seorang Ayah untuk melakukan turut terlibat mengasuh anak-anaknya, dikutip dari Mashable, Senin (6/4).

Ganti popok
Dengan mengganti popok bayi Anda, merupakan sebuah langkah pertama dari rangkaian tugas pengasuhan anak. Karena ibu sering dibebankan dengan tugas menyusui sampai memberi makan. Mengganti popok oleh seorang ayah merupakan sebuah kesempatan untuk mengembangkan keahlian sendiri dalam mengasuh anak. Dan meliputi berbagai aspek lain dari membesarkan anak, seperti memandikan, ataupun menidurkan anak, dan menyuap makanan kepada bayi.

Ambil cuti
Mengambil cuti untuk mengurus anak memang sangat jarang dilakukan oleh seorang ayah. Hal itu lebih sering dilakukan oleh seorang ibu. Ayah hanya sering dilihat sebagai pencari nafkah, untuk membantu mengubah streotip ini coba rangkul pekerjaan yang dilakukan istri Anda di rumah dan mengambil cuti untuk berjuang mengasuh anak.

Mengajarkan anak
Menonton acara televisi bersama ataupun membacakan sebuah cerita kepada anak Anda mungkin akan menghilangkan stereotip bagi laki-laki untuk berperan sebagai pengajar anak di rumah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA