Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Icefin, Robot ini Bantu Ilmuwan Eksplorasi Bawah Laut Kutub Utara

Sabtu 04 Apr 2015 14:05 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pemukiman Bawah Laut, Ocean Spiral

Pemukiman Bawah Laut, Ocean Spiral

Foto: Ibtimes.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan selalu memiliki cara untuk melakukan eksplorasi alam. Kali ini, sebuah robot berbentuk jarum bernama 'Icefin'  diiptakan untuk mengeksplorasi apa yang tersembunyi di bawah laut Antartika, Kutub Utara.

Icefin, robot kendaraan ini ditempatkan pada akhir tahun lalu oleh tim ilmuwan dan insinyur dari Georgia Institute of Technology. Icefin menembus es hingga 1640 kaki ke dasar laut di Antartika. Apa yang ditemukan oleh Icefin? Icefin banyak menemukan berbagai macam kehidupan seperti bintang laut.

"Kami melihat bukti komunitas yang kompleks di dasar laut yang belum pernah diamati sebelumnya dan belum pernah ditemukan, " ujar Britney Schmidt, Asistem Profesor di Sekolah Ilmu Bumi dan Atmosferik di Universitas Georgia seperti diberitakan cnet.

Icefin berbentuk seperti jarum tipis panjang. Peneliti menempatkan Icefin di dasar laut melalui sebuah stasiun penelitian McMurdo di Antartika. Icefin masuk melalui sebuah lubang dengan diameter 30 cm. 

meskipun bentuknya menyerupai jarum, jangan pernah meragukan kemampuan Icefin. Robot dengan body ramping ini memiliki daya tahan yang sangat kuat. Icefin mampu menembus kedalaman hingga 1,5 km.

Untuk menjalankan misi ini, Icefin dilengkapi dengan delapan instrumen kapal, termasuk bagian sensor dan indrea pencitraan bawah laut. Icefin memiliki sistem nafigasi yang disebut SLAM sehingga memungkinkan peneliti untuk mengetahui lokasi tepat keperadaan robot ini.

Saat ini Icefin masih dimanfaatkan untuk mengeksplorasi kutub utara. Namun, tahun depan Icefin diharapkan bisa digunakan untuk membantu ilmuwan mencari tahu apa yang ada di balik bulan-nya Platen Jupiter.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA