Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Berburu Kuliner Kaki Lima Thailand Yuk

Senin 30 Mar 2015 20:17 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Kuliner kaki lima di Thailand, Phad Thai

Foto: ROL/Casilda Amilah
EMBED

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Tak lengkap rasanya bila ke Thailand tanpa berwisata kuliner. Kuliner Thailand merupakan salah satu kuliner terkenal dunia. Dengan menyeimbangkan rasa pedas, asin, manis, asam, dan pahit, masakan thailand memiliki cita rasa yang khas sehingga selalu menjadi incaran. Begitu juga dengan jajanan kaki lima ala negeri gajah putih ini. Di Bangkok, Penjaja makanan kaki lima mudah ditemui di hampir setiap jalan. Soal harga makanan yang disajikan relatif terjangkau. Jika Anda memiliki rencana untuk mengunjungi Thailand, berikut empat kuliner kaki lima yang tidak boleh Anda lewatkan.

Kuliner kaki lima pertama yang wajib Anda coba adalah Phad Thai. Kwetiaw ala Thailand ini dimasak dalam wajan panas dengan campuran sayur, telor, daging ayam atau udang dan dibumbui dengan nam pla atau kecap ikan. Hidangan satu ini paling sering ditemui di pinggiran jalan Thailand  dan menjadi salah satu menu favorit para turis. Rasanya yang gurih dan segar cocok untuk Anda yang suka olahan mie. Untuk satu porsinya, Phad Thai dihargai 50-80 bath atau sekitar Rp 20-30 ribu.

Selanjutnya, Khao Niaow Ma Muang atau Mango Sticky Rice. Cara membuat hidangan penutup terkenal ala thailand ini cukup mudah. Irisan mangga manis diletakan bersama ketan, lalu disiram dengan saus kelapa muda. Jika Anda pecinta kuliner ringan, Anda wajib mencicipi hidangan sederhana namun eksotis ini sebagai makanan penutup. Mango Sticky Rice dihargai 40 baht atau sekitar Rp 16 ribu.

Salad pepaya hijau atau yang lebih dikenal dengan Som Tam merupakan salad paling populer di Thailand. Som tam berasal dari daerah timur laut Thailand, Isaan. Pepaya hijau yang asam digabungkan dengan bergabai bahan seperti cabai merah, jeruk nipis, tomat, bumbu kacang dan kecap ikan yang ditumbuk menjadi satu. Tumbukan ini akan melunakkan pepaya muda dan membuat rasa manis, asam, pedas, asin, dan gurih bercampur menciptakan rasa unik yang segar. Anda cukup membayar 40 baht atau Rp 16 ribu untuk mencicipi hidangan unik dan bergizi ini.

Kuliner kaki lima terakhir adalah coconut ice cream atau es krim kelapa. Sekilas, es krim ini terlihat sama seperti es krim pada umumnya. Namun, es ini disajikan dengan lebih unik. Parutan kelapa dan es krim disajikan sekaligus bersama batok kelapa yang berfungsi sebagai mangkok. Penjual menawarkan beberapa topping, seperti jagung, nata de coco dan kacang. Cukup merogoh kantong 30 bath atau sekitar 12 ribu, Anda bisa menikmati segarnya es krim kelapa khas Thailand ini.

Masih banyak kuliner kaki lima yang bisa Anda nikmati di Thailand. Tapi ingat, selalu pastikan kehalalan setiap makanan yang akan Anda makan! 

 

Videografer & Video Editor: Casilda Amilah

Dapatkan Update Berita Republika

 
 

BERITA LAINNYA