Senin 30 Mar 2015 05:24 WIB

UIN Suka Bertekad Dapat Sertifikasi AUN

Rep: heri purwata/ Red: Damanhuri Zuhri
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Foto: uin-suka.ac.id
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta bertekad untuk mendapatkan sertifikasi Asian University Network (AUN). Sertifikasi ini dimaksudkan untuk menuju World Class University (WCU).

Demikian dijelaskan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof H Akh Minhaji pada wisuda periode II 2014/2015 di Yogyakarta, Ahad (29/3). Wisuda periode ini sebanyak 851 wisudawan dilakukan dua hari Sabtu dan Ahad (28-29/3).

Lebih lanjut Minhaji mengatakan, UIN Sunan Kalijaga sudah mendapatkan akreditasi institusi dengan nilai A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Sedangkan program studi didorong untuk memperbaiki nilai akreditasi.

"Kita berharap semua program studi B meningkat menjadi A, dan nilai C menjadi minimal B. Sehingga tidak ada lagi program studi yang mendapat nilai akreditasi C," kata Minhaji menerangkan.

Untuk peningkatan kualitas, UIN Sunan Kalijaga membentuk dua lembaga yaitu Satuan Pengawas Internal (SPI) dan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

SPI merupakan lembaga yang membantu pimpinan universitas untuk melaksanakan fungsi pengawasan bidang non akademik. Sedang LPM merupakan lembaga yang bertugas membantu pimpinan universitas mengawal penjaminan dan peningkatan mutu akademik.

Untuk mencapai target tersebut, telah disusun Rencana Induk Pengembangan dan Rencana Strategis. Juga telah disusun Master Plan atau Grand Design bagi pengembangan kampus II seluas 76 hektare di wilayah Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul, DIY.

"Segenap pimpinan UIN Sunan Kalijaga melakukan audiensi dengan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, dan pihak Kementerian Agama telah memberikan dukungan terhadap pembangunan kampus II ini," katanya.

Sehingga dana pembangunan diperjuangkan Kementerian Agama RI ke dalam APBN, mulai dari pengadaan tanah hingga pembangunan gedung.

"Mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru di lingkup UIN Sunan Kalijaga tahun akademik 2015/2016, saat ini sudah berproses. UIN Sunan Kalijaga membuka lima jalur penerimaan mahasiswa baru," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement