Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

'Menteri-Menteri Jokowi Berkualitas KW 2'

Jumat 27 Mar 2015 18:31 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Romo Benny Susetyo (kanan).

Romo Benny Susetyo (kanan).

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Budayawan Benny Susatyo menyebut bahwa menteri-menteri Kabinet Kerja berkualitas KW 2. KW 2 adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut barang imitasi atau tiruan.

"Kebanyakan menteri itu KW 2, tidak punya kemampuan," ujarnya dalam sebuah forum diskusi di Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat, Jumat (27/3).

Benny mengatakan hal itu karena menurutnya para 'pembantu' presiden banyak yang tidak mengerti persoalan. Hal itu, kata dia, dapat terlihat dari carut-marutnya kondisi politik dan ekonomi Indonesia saat ini, mulai dari anjloknya nilai tukar rupiah, kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok, sampai konflik KPK versus Polri.

Menurut Benny, orang-orang yang duduk di kursi menteri saat ini memiliki kepentingan masing-masing. Sebab, kebanyakan dari mereka terpilih bukan karena kemampuan yang dimiliki, melainkan karena dapat jatah jabatan.

Kondisi ini, menurut dia, menjadikan banyak kebijakan pemerintah yang dibuat tidak sesuai sehingga tak mampu menyelesaikan persoalan.  Dia menilai, presiden harus berani mengganti menteri-menterinya yang tidak menunjukkan kinerja agar agenda-agenda pembangunan dapat terlaksana.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA