Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Lima Mahasiswa UI Raih Beasiswa dari Twitter

Kamis 26 Mar 2015 17:40 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Kampus Universitas Indonesia (UI)

Kampus Universitas Indonesia (UI)

Foto: id.wikipedia.org

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Twitter memberikan beasiswa untuk lima mahasiswi Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia demi meningkatkan minat perempuan di bidang teknologi dan informasi.

"Di Amerika Serikat pun tidak banyak perempuan yang berkecimpung di bidang sains," kata Chief Executive Officer, Dick Costolo di hadapan sejumlah media di Jakarta, Kamis.

Program yang disebut #Twitter4WaniTek merupakan beasiswa pertama Twitter di dunia demi meningkatkan jumlah partisipasi perempuan agar mau berkecimpung di dunia teknologi dan informasi. Beasiswa berupa bantuan pembayaran biaya kuliah di Fasilkom UI itu akan diberikan kepada lima mahasiswi yang berprestasi dan datang dari keluarga kurang mampu.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Mirna Adriani mengatakan program beasiswa itu akan berlangsung selama tiga tahun. "Tapi saya belum tahu apakah tiap tahun akan ada lima penerima beasiswa baru atau lima beasiswa ini untuk tiga tahun saja," kata Mirna.

Menurut Mirna, perempuan masih menjadi minoritas di jurusan Ilmu Komputer, yaitu 30 persen dari jumlah murid. Mirna berharap adanya beasiswa ini membuat jumlah mahasiswi di Fasilkom UI bertambah.

Dia mengemukakan alasan mengapa ilmu komputer belum diminati perempuan, antara lain persepsi masyarakat yang menganggap bidang tersebut lebih cocok untuk pria. "Persepsinya ilmu komputer itu bidang yang sulit dan mungkin tidak cocok untuk perempuan," ungkap dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA