Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

USAID Prioritas Latih 18 Sekolah Terbaik di Sumut

Kamis 26 Mar 2015 16:18 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

USaid

USaid

Foto: us

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- USAID Prioritas melatih guru-guru terbaik dari 18 sekolah terbaik dari Aceh dan Sumatera Utara agar mampu meningkatkan kualitas pembelajaran kepada anak didik. Koordinator Provinsi USAID Prioritas Sumatera Utara, Agus Marwan mengatakan, peserta dilatih memfasilitasi keterampilan membaca, membuat lembar kerja dengan pertanyaan tingkat tinggi (high order thinking), mengelola portofolio dan mengembangkan media pembelajaran.

"Sekolah-sekolah ini, kita proyeksikan sebagai sekolah rujukan atau contoh terbaik bagi sekolah-sekolah lain di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara," katanya, Kamis (26/3).

Ia mengatakan, pelatihan kali ini diikuti 118 peserta dari 8 kabupaten/kota mitra USAID Prioritas di Aceh dan Sumut. Tiga kabupaten/kota yang mewakili Sumut adalah Medan, Labuhanbatu dan Nias Selatan, sedangkan Aceh diwakili Aceh Jaya dan Benar Meriah. "Sekolah-sekolah ini merupakan sekolah terbaik yang dipilih ahli pendidikan dari LPTK. Sekolah ini berasal dari mitra kita di kohor 1," katanya.

Ahli Pengembangan LPTK (TTI Development Specialist) USAID Prioritas Aceh, Ismail  mengatakan, modul pelatihan untuk sekolah praktik yang baik dirancang secara khusus. Materi pelatihan merupakan hasil penajaman dari modul-modul pelatihan yang sudah pernah dikembangkan USAID Prioritas.

"Kami melibatkan ahli-ahli pendidikan terbaik dari LPTK, kepala sekolah dan guru terbaik untuk merancang modul ini," katanya.

Ia menambahkan, penyebutan sekolah praktik yang baik berhubungan erat dengan model pembelajaran. Praktik pembelajaran aktif (active learning) di 18 sekolah ini akan berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya. USAID Prioritas adalah program lima tahun yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID) dan didesain untuk membawa pendidikan berkelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia.

Program ini diimplementasikan di Aceh, Sumut, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Papua.

Di Sumut USAID Prioritas bekerja di 15 kabupaten/kota yakni Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga dan Nias Selatan.

Serta dua Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yaitu Universitas Negeri Medan dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara.

 

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA